PENERAPAN MEDIA KARTU ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI di TK AL HIDAYAH PONGGOK BLITAR

NIKMATUR RIADHUS SHOLIKHAH, 12206183078 (2024) PENERAPAN MEDIA KARTU ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI di TK AL HIDAYAH PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Media Kartu Angka Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini di TK Al Hidayah Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Nikmatur Riadhus Sholikhah, NIM. 12206183078, Jurusan Pendidikan Islam Anak USia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing bapak Dr. Phil. Syaifudin Zuhri, M.A Kata kunci : Media Kartu Angka, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dalam pembelajaran kognitif pada TK Al Hidayah Ponggok Blitar selama ini kurang menarik dan monoton guru hanya mengandalkan Lembar kerja Anak Saja, untuk meningkatkan kemampuan kognitif guru harus kreatif dan inovatif dalam pemilihan pembelajaran. Akibatnya anak mudah merasa bosan bahkan tidak mau melakukan kegiatan pengembangan kognitif, dalam hal ini peneliti menghubungkan media kartu angka dengan kemampuan mengembangkan kognitif di Tk Al Hidayah Ponggok Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana desain perencanaan media permainan kartu angka yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan anak pada kelompok A di TK Al Hidayah Karangbendo Ponggok? (2) Bagaimana proses penggunaan media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan anak pada kelompok A di TK Al Hidayah Karangbendo Ponggok? (3) Bagaimana evaluasi penggunaan media kartu angka dalam mengembangkan kemampuan anak di TK Al-Hidayah Karangbendo Ponggok? Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis, proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Hidayah Ponggok Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik analisa data, penelitian menggunakan teknik kondensasi data, paparan data dan kesimpulan. Sedangkan pengabsahan data menggunakan Perpanjangan Keikutsertaan, Trianggulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Desain perencanaan pembelajaran metode Penerapan Media Kartu Angka dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Dengan mempersiapkan sumber dan media yang dibutuhkan dalam pembelajaran Penerapan Media Kartu Angka, Mempersiapkan tempat pembelajaran, Mempersiapkan kemampuan guru atau pengajar, mempersiapkan Media Kartu Angka. (2) Proses penerapan metode Penerapan Media Kartu Angka dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini dengan metode pendekatan klasikal, pendekatan individual baca simak. (3) Evaluasi pembelajaran metode Penerapan Media Kartu Angka dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia terdiri dari tiga jenis evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183078 NIKMATUR RIADHUS SHOLIKHAH
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:16
Last Modified: 25 Apr 2024 01:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45262

Actions (login required)

View Item View Item