NISA'UL HUSNA, 12205193210 (2024) PENGARUH MINAT BACA DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (582kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Husna, Nisa'ul. 2023. Pengaruh Minat Baca dan Ketersediaan Sumber Belajar terhadap Kemampuan Literasi Peserta Didik MIN 2 Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Minat Baca, Sumber Belajar, Kemampuan Literasi. Kemampuan literasi pada awalnya diartikan sebagai ketrampilan membaca dan menulis, tetapi saat ini pengertiannya mengalami perkembangan. Dalam pendidikan, kemampuan literasi merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk bisa menguasai berbagai mata pelajaran. Kemampuan literasi dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya minat baca dan ketersediaan sumber belajar. Rendahnya minat baca peserta didik karena sebagian besar peserta didik merasa bosan dan memiliki pandangan bahwa membaca merupakan kegiatan yang kurang menarik. Meningkatkan minat baca merupakan kunci untuk mempelajari segala ilmu pengetahuan. Selain minat baca, sumber belajar yang bervariasi akan menimbulkan ketertarikan bagi peserta didik, sehingga peserta didik lebih fokus dalam mengembangkan kemampuan literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh minat baca terhadap kemampuan literasi peserta didik MIN 2 Blitar, (2) mengetahui pengaruh ketersediaan sumber belajar terhadap kemampuan literasi peserta didik MIN 2 Blitar, (3) mengetahui pengaruh minat baca dan ketersediaan sumber belajar terhadap kemampuan literasi peserta didik MIN 2 Blitar. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasi. Penelitian ini berlokasi di MIN 2 Blitar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Persial, Uji Stimultan dan Uji Determinasi yang sebelumnya diuji asumsi klasik yaitu menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteriskedastisitas. Hasil penelitian yang didapat yaitu (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari minat baca (X1) terhadap kemampuan literasi (Y) peserta didik MIN 2 Blitar yang dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,018 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari ketersediaan sumber belajar (X2) terhadap kemampuan literasi (Y) peserta didik MIN 2 Blitar yang dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (3) secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari minat baca (X1) dan ketersediaan sumber belajar (X2) terhadap kemampuan literasi (Y) peserta didik MIN 2 Blitar yang dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193210 NISA'UL HUSNA |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 06:56 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45266 |
Actions (login required)
View Item |