PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

KIRANA PARAMITHA ANGGRAINI, 12204193023 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ditulis oleh Kirana Paramitha Anggraini, NIM 12204193023, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Aptitude Treatment Interaction, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar. Rendahnya prestasi belajar matematika siswa, salah satunya dikarenakan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Dalam pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa cenderung bosan dan tidak merespon penjelasan dari guru sehingga siswa tidak paham dengan apa yang dijelaskan oleh guru. Kurangnya pemahaman siswa tersebut membuat tidak hidupnya proses belajar mengajar, seperti siswa kurang aktif dalam belajar dan menyebabkan rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian untuk skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar materi Segitiga dan Segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ATI terhadap keaktifan belajar materi Segitiga Dan Segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ATI terhadap hasil belajar dan keaktifan materi Segitiga Dan Segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari yang berjumlah 300 siswa. Sampel yang digunakan terdiri dari 31 siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunaka yaitu Uji T-test dan Uji Manova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran ATI terhadap hasil belajar kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari pada materi segitiga dan segiempat. Dibuktikan dengan hasil uji T-test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 yang berarti

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193023 KIRANA PARAMITHA ANGGRAINI
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:43
Last Modified: 25 Apr 2024 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45271

Actions (login required)

View Item View Item