METODE DEMONSTRASI SEBAGAI STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH PESERTA DIDIK DI MTSN 6 BLITAR

SHINTA LATIFUN NISA, 12201193288 (2023) METODE DEMONSTRASI SEBAGAI STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH PESERTA DIDIK DI MTSN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Metode Demonstrasi Sebagai Strategi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Peserta Didik di MTsN 6 Blitar” ini ditulis oleh Shinta Latifun Nisa, NIM. 12201193288, Program Studi Pendidikan Agama Isalam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Strategi Guru, Pemahaman Fiqih, Salah satu problem utama yang dihadapi madrasah adalah bagaimana meningkatkan pemahaman pembelajaran Fiqih pada peserta didik nya. Karena Fiqih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit. Oleh karena itu, maka penelitian ini bermaksud untuk menggali lebih dalam bagaimana metode demonstrasi sebagai strategi guru dalam meningkatkan pemahaman Fiqih Peserta Didik di MTsN 6 Blitar. Mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan metode demonstrasi sebagai strategi guru dalam meningkatkan pemahaman fiqih peserta Didik di MTsN 6 Blitar?, 2) Bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi sebagai strategi guru dalam meningkatkan pemahaman fiqih peserta Didik di MTsN 6 Blitar?, 3) Bagaimana evaluasi metode demonstrasi sebagai strategi guru dalam meningkatkan pemahaman fiqih peserta Didik di MTsN 6 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan metode demonstrasi sebagai strategi guru dalam meningkatkan pemahaman fiqih peserta Didik di MTsN 6 Blitar dilakukan melalui tujuh tahapan yaitu: dimulai dari rapat dinas, MGMP lokal madrasah, menghitung hari efektif, menyusun program tahunan, program semester, silabus, menyusun RPP. 2) Pelaksanaan metode demonstrasi sebagai strategi guru dalam meningkatkan pemahaman fiqih peserta Didik di MTsN 6 Blitar yaitu, dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, hingga kegiatan penutup 3) Evaluasi metode demonstrasi sebagai strategi guru dalam meningkatkan pemahaman fiqih peserta Didik di MTsN 6 Blitar yaitu, guru melakukan evaluasi dengan evaluasi formatif melalui pre-test dan post-test dengan tanya jawab, ulangan harian, pengamatan langsung pada saat proses pembelajaran, dan praktik. Selain itu juga melalui supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah, pengawas, atau guru senior.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193288 SHINTA LATIFUN NISA
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:35
Last Modified: 25 Apr 2024 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45284

Actions (login required)

View Item View Item