NAUFAL WAHYU FEBRIANTAMA, 12201183458 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA SMPN 1 PONGGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2022-2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (820kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (380kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa SMP Negeri 1 Ponggok Blitar” ditulis oleh Naufal Wahyu Febriantama, NIM. 12201183458, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing Oleh Bapak Prof. Dr.H. Abd Aziz, M. Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami Penelitian dilatar belakangi oleh perilaku yang akhir-akhir ini terjadi semakin menghawatirkan seperti perilaku yang tidak baik dan tidak islami, Perkelahian antar remaja, kenakalan remaja, pergaulan bebas dan minuman keras di SMPN 1 Ponggok Blitar. Permasalahan tersebut mengharuskan para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam untuk berperan dalam meningkatkan perilaku islami baik sebagai pendidik, teladan, maupun evaluator terhadap peserta didik . Oleh karena itu, peneliti memfokuskan penelitian pada peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa pada lembaga pendidikan Formal jenjang sekolah menengah Pertama tepatnya di SMP Negeri 1 Ponggok Blitar. Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku islami peserta didik SMPN 1 Ponggok Blitar (2) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan dalam meningkatkan perilaku islami peserta didik SMPN 1 Ponggok Blitar (3) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam upaya meningkatkan perilaku islami peserta didik SMPN 1 Ponggok Blitar. Adapun tujuan dari penelitian adalah sebagai berikut :(1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam di dalam meningkatkan perilaku islami peserta didik SMPN 1 Ponggok Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan dalam meningkatkan Perilaku Islami Peserta Didik SMPN 1 Ponggok Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator didalam meningkatkan perilaku islami peserta didik SMPN 1 Ponggok Blitar. Metode dalam Penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari guru pendidikan agama islam dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data meliputi : metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku islami siswa SMP Negeri 1 Ponggok Blitar, adalah sebagai pembimbing dan pembentuk karakter peserta didik untuk berperilaku islami melalui sikap disiplin, adanya 5S (salam, senyum, sapa, sopan dan santun). Fasilitas keagamaan seperti masjid digunakan untuk sholat berjamaah, latihan sholawat, membaca al-qur’an, tahfid. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan dalam meningkatkan perilaku islami siswa SMP Negeri 1 Ponggok Blitar, sebagai: a. Membimbing peserta didik berperilaku sopan-santun dan menegurnya bila berperilaku tidak sopan. b. Memberi contoh berperilaku baik dan berakhlakul karimah kepada para peserta didik agar diterapkan dalam kehidupan sehari harinya. c. Memberi hukuman dan menasehati yang bersifat mendidik kepada para siswa-siswinya yang melanggar norma dan etika yang berlaku. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku islami siswa SMP Negeri 1 Ponggok Blitar, dengan memberikan evaluasi secara skala menyeluruh. Karena evaluasi tidak saja membahas tentang aspek kognitif, melainkan membahas dari aspek afektif dan psikomotorik yang meliputi tingkah laku, pola perilaku. Seorang pendidik harus memberikan evaluasi kepada pola perilaku peserta didik agar mencerminkan perilaku islami sesuai dengan konsep ajaran agama
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183458 NAUFAL WAHYU FEBRIANTAMA |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:14 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45324 |
Actions (login required)
View Item |