DHIKA CANDRA DWIANA, 12201193276 (2023) PERAN GURU AL QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (588kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini ditulis oleh Dhika Candra Dwiana, 12201193276. Peran Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M. Pd. I. Kata Kunci: Peran Guru, Literasi Al-Qur’an Literasi Al-Qur’an merupakan kemampuan seseorang dalam membaca Al�Qur’an. Di era sekarang ini kemampuan generasi muda tergolong bervariasi dan cenderung rendah. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Untuk meningkatkan literasi Al-Qur’an peserta didik, dibutuhkan peran dari guru Pendidikan Agama Islam terkhusus guru Al-Qur’an Hadis. Karena pada literasi Al-Qur’an tidak hanya membutuhkan teori saja, namun juga membutuhkan praktik. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan peran guru Al�Qur’an Hadis sebagai pembimbing dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an peserta didik di MTsN 4 Tulungagung, 2) untuk mendeskripsikan peran guru guru Al Qur’an Hadis sebagai teladan dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an peserta didik di MTsN 4 Tulungagung, 3) untuk mendeskripsikan peran guru Al-Qur’an Hadis sebagai motivator dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diambil dari guru Al-Qur’an Hadis, Waka Kurikulum dan peserta didik MTsN 4 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, teknik observasi partisipatif, dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kebasahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah 1) Peran guru sebagai pembimbing adalah memberikan bimbingan berdasarkan kemampuan masing-masing peserta didik, melakukan bimbingan pada saat mata pelajaran berlangsung dengan memberikan arahan dan contoh cara membaca Al-Qur’an sesuai tajwid, melakukan bimbingan di luar mapel dengan bekerja sama dengan pihak madrasah dan semua rekan guru pada kegiatan Bengkel Al-Qur’an, khotmil Al-Qur’an dan kelas tahfid. 2) Peran guru sebagai teladan adalah berperilaku dan bertutur kata yang baik serta memberikan contoh yang baik terlebih dahulu agar dapat diteladani oleh peserta didik, misalnya berpakaian rapi, membaca Al-Qur’an sesuai tajwid, shalat berjamaah, membayar infaq, disiplin, dan lain-lain. 3) Peran guru sebagai motivator adalah memberikan motivasi pada awal masuk materi, pertengahan materi dan akhir pembelajaran, memberikan motivasi berupa pujian/nilai dengan tujuan menggugah semangat peserta didik dalam belajar Al-Qur’an, memberikan motivasi berupa hukuman yang sifatnya mendidik berupa menghafal doa maupun surah pendek dan memberikan dorongan kepada peserta didik jika membaca Al�Qur’an setiap hari akan memperoleh manfaat bagi kehidupannya di dunia maupun di akhirat
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193276 DHIKA CANDRA DWIANA |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 04:09 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45343 |
Actions (login required)
View Item |