RIZA UMAMI, 12205183166 (2023) HUBUNGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 10 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (928kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ―Hubungan Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dengan Motivasi dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 10 Blitar‖ yang ditulis oleh Riza Umami dengan NIM. 12205183166. Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd. Kata kunci :Teknologi Pembelajaran, Motivasi belajar, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman mengenai pentingnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini akan berdampak pada pembelajaran yang pasif dan monoton. Oleh karena itu, dibutuhkan pemanfaatan teknologi yang dipadukan dalam pembelajaran sehingga menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dengan akses sumber daya pendidikan yang berkualitas. Suasana kelas yang tidak membosankan ini akan membantu meningkatkan motivasi dan minat peserta didik untuk belajar dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah hubungan pemanfaatan teknologi dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV MIN 10 Blitar ?, 2) Adakah hubungan pemanfaatan teknologi dengan minat belajar peserta didik kelas IV MIN 10 Blitar ?, 3) Adakah pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran terhadap motivasi dan minat belajar peserta didik kelas IV MIN 10 Blitar ?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskripitif dan asosiasi korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 10 Blitar. Sedangkan sampel penelitian ini sejumlah 82 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Sebelum didistribusikan angket terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Analisis korelasi Kendall’s Tau dan analisis regresi linier berganda menjadi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hubungan pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV MIN 10 Blitar. Hasil pengujian hipotesis menggunkan uji Kendall’s Tau dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil pengujian Kendall’s Tau diperoleh nilai signifikansi 0,000. Sehingga diperoleh perbandingan 0,000 < 0,05. 2) Terdapat hubungan pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan minat belajar peserta didik kelas IV MIN 10 Blitar. Hal ini ditinjau dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000. Sehingga diperoleh perbandingan 0,000 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran terhadap motivasi dan minat belajar peserta didik kelas IV MIN 10 Blitar. Terbukti dari nilai signifikansi analisis regresi linier berganda sebesar 0,000. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan hubungan yang kuat antara pemanfaatan teknologi pembelajaran terhadap motivasi belajar dan minat belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183166 RIZA UMAMI |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:38 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45365 |
Actions (login required)
View Item |