PENINGKATAN DAYA SAING BISNIS MELALUI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA UMKM DI KECAMATAN DURENAN

SEVRILYA AMANDA CITRA MAHARANI, 12405193064 (2023) PENINGKATAN DAYA SAING BISNIS MELALUI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA UMKM DI KECAMATAN DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peningkatan Daya Saing Bisnis Melalui Strategi Pemasaran Berbasis Digital Pada UMKM di Kecamatan Durenan” ini ditulis oleh Sevrilya Amanda Citra Maharani, dengan NIM. 12405193064, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh ibu Risdiana Himmati S.E., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran UMKM bagi perekonomian di Indonesia, serta tantangan yang dihadapi oleh UMKM yaitu salah satunya persaingan yang semakin ketat. Dalam era globalisasi ini produk-produk oleh UMKM harus bersaing secara ketat salah satu strategi yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing yaitu melalui pemanfaatan strategi pemasaran berbasis digital, yang dapat digunakan untuk membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara rinci bagaimana peningkatan daya saing menggunakan strategi pemasaran berbasis digital pada UMKM di Kecamatan Durenan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 48 orang pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kecamatan Durenan. Data penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan angket atau kuisioner dan data sekunder diperoleh dari website resmi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek (KOMIDAG) dan Badan Pusat Statistika (BPS). Dalam penelitian ini menggunakan metode asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolonieritas, uji auto korelasi dan regresi linear berganda yaitu uji T, uji F, uji koefisien determinasi (R 2 ). Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pemasaran digital berpengaruh terhadap peningkatan daya saing UMKM di Kecamatan Durenan. Dengan strategi pemasaran digital berupa pemasaran konten, pemasaran media sosial dan pemasaran SEO mampu membuat UMKM memiliki peluang besar untuk mencapai tujuan usaha yaitu salah satunya meningkatnya daya saing. Kata kunci: Daya Saing, Strategi Pemasaran, Pemasaran Digital, UMKM

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Sosial Ekonomi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193064 SEVRILYA AMANDA CITRA MAHARANI
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:25
Last Modified: 30 Apr 2024 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45395

Actions (login required)

View Item View Item