STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA KELAS 4 MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD ISLAM AN-NASHR SIDOREJO TULUNGAGUNG

KHARISMA EKA WIDYA PUTRI, NIM. 12205193153 (2023) STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA KELAS 4 MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD ISLAM AN-NASHR SIDOREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (531kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kharisma Eka Widya Putri, 12205193153, 2023, “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Siswa Kelas 4 Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SD Islam An-Nashr Sidorejo Tulungagung” Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ibu Musrikah, S.Pd.I., M.Pd Kata Kunci : Strategi Guru, Pengembangan Bakat Minat, Ekstrakurikuler Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa seringkali sebuah lembaga tidak mengetahui potensi yang dimiliki siswa. Masih banyak lembaga sekolah dasar yang lebih mengedepankan kemampuan akademik atau kognitif anak, namun tidak memperhatikan kemampuan non akademik peserta didik (kemampuan afektif atau minat dan kemampuan motorik atau bakat anak). Padahal kemampuan anak tidak hanya sekedar kemampuan akademiknya saja, terdapat kemampuan afektif dan kognitifnya yang berguna untuk masa depan peserta didik kedepannya. Dengan permasalahan tersebut maka perkembangan bakat dan minat siswa sekolah dasar tidak akan terlaksana. Sedangkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa tidak hanya pada kemampuan akademik, kemampuan non akademik siswa juga harus digali dan dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa kelas 4 melalui kegiatan ekstrakurikuler panahan di SD Islam An-Nashr. (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa kelas 4 melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Islam An-Nashr. (3) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa kelas 4 melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah di SD Islam An-Nashr. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Islam An-Nashr yang berlokasi di Desa Sidorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung. Data yang dikumpulkan berasal dari Kepala Sekolah, guru ekstrakurikuler, serta siswa kelas 4. Adapun teknik yang diterapkan dalam penelitian ini mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa : (1) Strategi guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui ekstrakurikuler panahan adalah dengan menarik minat siswa, menyeleksi siswa, berkoordinasi dengan wali murid, menyiapkan sarana prasarana.(2) Strategi guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah menarik minat siswa, menyeleksi siswa. Faktor pendukung proses pengembangan bakat dan minat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah dukungan dari orang tua, guru, dan sarana prasarana. (3) Strategi guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler hadrah adalah menarik minat siswa, menyebar kuesioner, dan menyeleksi siswa. Faktor pendukung dalam proses pengembangan bakat minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah ini adalah dukungan dari orang tua, lingkungan, ajakan dari teman, motivasi diri sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193153 KHARISMA EKA WIDYA PUTRI
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:09
Last Modified: 29 Apr 2024 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45402

Actions (login required)

View Item View Item