CHELSEA FAHRUNISHA, 12201193269 (2023) PERAN GURU FIKIH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Fikih Dalam Menanamkan Nilai-nilai Religius Peserta Didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Chelsea Fahrunisha, NIM 12201193269, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Anissatul Mufarokah, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Fikih, Nilai-nilai Religius Dalam konteks penelitian ini menggambarkan bahwa majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat yang berdampak pada perubahan perilaku peserta didik. Guru diharapkan mampu bertugas memberikan pengetahuan, sikap dan nilai kepada peserta didik agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang bertentangan dengan nilai ajaran Islam. Dalam hal ini pentingnya penanaman nilai-nilai religius bagi peserta didik untuk berubah ke arah yang lebih baik. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana peran guru fikih dalam menanamkan nilai-nilai ibadah peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung?. 2). Bagaimana peran guru fikih dalam menanamkan nilai-nilai akhlak peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung?. 3). Bagaimana peran guru fikih dalam menanamkan nilai-nilai keimanan peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung?. Adapun tujuan penelitin ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru fikih dalam menanamkan nilai-nilai religius aspek ibadah, akhlak dan keimanan peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisa data interaktif dari Milles Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik kredibilitas meliputi triangulasi (sumber dan teknik), perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1). Peran guru fikih dalam menanamkan nilai-nilai ibadah peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung antara lain: sebagai motivator, teladan, dan pembimbing. 2) Peran guru fikih dalam menanamkan nilai�nilai akhlak peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung antara lain: sebagai teladan, pembimbing, dan motivator. 3). Peran guru fikih dalam menanamkan nilai�nilai keimanan peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung antara lain: sebagai motivator.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193269 CHELSEA FAHRUNISHA |
Date Deposited: | 03 May 2024 03:12 |
Last Modified: | 03 May 2024 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45413 |
Actions (login required)
View Item |