PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTSN 7 KEDIRI

TALIA SALSABILA, 12207193013 (2023) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTSN 7 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Peran Kepemimpinan kepala madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri ini ditulis oleh Talia Salsabila NIM. 12207193013 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr.H.Masduki, M.Ag. Kata Kunci : Kepemimpinan kepala madrasah, Mutu Pendidikan. Konteks penelitian ini karena di Indonesia sendiri dinamika itu tampak tidak hentihentinya sejumlah masalah yang melingkupi dunia pendidikan. Oleh karena itu, untuk mengatasi semua permasalahan mutu pendidikan tersebut dibutuhkan kepemimpinan kepala madrasah agar permasalah mutu bisa terselesaikan. Kepala madrasah harus bertanggungjawab terhadap maju mundurnya madrasah yang dipimpinnya. Sehingga hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga yakni Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri sebagai objek penelitian. Madrasah ini memiliki siswa siswi yang unggul dalam prestasi, baik akademik maupun non akademik. Dengan kepemimpinan kepala madrasah dari tahun ke tahun input dan output yang dihasilkan meningkat. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1).Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri (2).Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai educator dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri (3).Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri. Dalam skripsi ini penelitian yang digunakan adalah kualitatif serta mengunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu mulai observasi partisipan,wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mulai tiga tahap yakni kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data mengunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi (triangulasi teknik dan triaqngulasi sumber). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri kepala madrasah mempunyai program kerja, membuat program peningkatan mutu untuk monitoring dan evaluasi untuk pengembangan madrasah, menempatkan tenaga kependidikan sesuai dengan kemampuannya, memberikan contoh dan teladan, menjalin hubungan dengan bawahan dan pendistribusian yang baik, menyusun program unggulan madrasah (2). kepemimpinan kepala madrasah sebagai educator dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri. Yaitu memberikan pengarahan kepada tenaga pendidik maupun kependidikan dan memberikan pengarahan dan pembinaan kepada seluruh guru dan siswa. (3) kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri yaitu Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan belajar mengajar dan perangkat pembelajaran, Membuat situasi belajar yang nyaman, dengan diadakannya bimbingan belajar, Mengadakan supervisi kinerja guru dua kali dalam 1 tahun,Menarapkan jenis supervisi inservis training.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193013 TALIA SALSABILA
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:07
Last Modified: 09 Aug 2024 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45435

Actions (login required)

View Item View Item