MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Studi Multikasus Di MTs. N 5 Tulungagung Dan MTs. Darul Hikmah Tawangsari Kabupaten Tulungagung)

DWI SUSANTO, 12850121047 (2023) MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Studi Multikasus Di MTs. N 5 Tulungagung Dan MTs. Darul Hikmah Tawangsari Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multikasus Di MTs. N 5 Tulungagung Dan MTs. Darul Hikmah Tawangsari Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Dwi Susanto, NIM 12850121047 dengan dibimbing oleh Prof. Ahmad Tanzeh, M. Pd.I, dan Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Madrasah, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi, Kinerja Guru. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh dua lembaga pendidikan Islam yang sederajat tingkatannya dan juga bertempat diwilayah yang berbeda di wilayah kabupaten Tulungagung dengan naungan yang berbeda pula. MTs. N 5 Tulungagung merupakan lembaga pendidikan milik pemerintah sedangkan MTs. Darul Hikmah Tawangsari merupakan lembaga pendidikan milik Yayasan Pondok Pesantren. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di dua lembaga tersebut dengan pembahasan yang menarik untuk diteliti diantaranya dengan latar belakang yang berbeda dan letak wilayah yang berbeda pula tetapi mendapatkan hasil yang sama yaitu prestasi bagi peserta didik sehingga dengan penelitian ini penulis berharap dapat mendiskripsikan bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring ataupun evaluasi yang dilakukan oleh madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Fokus penelitian ini adalah adalah manajemen madrasah yang meliputi; perencanaan, pengorganisasian, monitoring dan evaluasi dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini secara umum adalah 1.) untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan monitoring dan evaluasi madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs. N 5 Tulungagung Dan MTs. Darul Hikmah Tawangsari Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus, menggunakan tiga alur yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1.) Perencanaan madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui rapat kerja, penyusunan prota dan promes, pelatihan atau diklat dan visi dan misi. 2.) Pengorganisasian madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui penciptaan suasana harmonis dan memberi tauladan kedisiplinan, pelaksanaan kurikulum yang telah ditetapkan, dan pelaksanakan diklat atau pelatihan peningkatan kinerja guru. 3.) Pelaksanaan madrasah melalui pelaksanaan perencanaan, memberi motivasi kerja dan diklat atau pelatihan 4.) Monitoring dan Evaluasi madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dilaksanakan oleh internal madrasah dan eksternal madrasah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121047 DWI SUSANTO
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:28
Last Modified: 29 Apr 2024 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45446

Actions (login required)

View Item View Item