PERAN PERPUSTAKAAN JALANAN TULUNGAGUNG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS

NUFAIL ZABID, 12210193132 (2024) PERAN PERPUSTAKAAN JALANAN TULUNGAGUNG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (674kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Zabid, Nufail. (2023). Peran Perpustakaan Jalanan Tulungagung Sebagai Media Pendidikan Literasi Membaca dan Menulis. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Perpustakaan Jalanan, Media Pendidikan, Literasi Membaca merupakan salah satu upaya untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan bisa diperoleh dengan beberapa upaya, namun dengan membaca seseorang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dengan efektif. Kegiatan membaca dapat membuka imajinasi pembaca, terbuka terhadap hal baru atau meningkatkan rasa ingin tahu yang tinggi. Membangun budaya literasi bisa dimulai dari lingkup kecil masyarakat seperti keluarga. Orang tua sebagai role model dalam keluarga juga seharusnya dapat membantu menumbuhkan pengetahuan dengan meningkatkan nilai literasi seorang anak. Memiliki tingkat literasi yang tinggi juga dapat memiliki opsi guna memecahkan permasalahan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran perpustakaan jalanan tulungagung sebagai media pendidikan literasi membaca dan menulis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Peneliti dalam hal ini mengelompokkan data yang sudah diambil menjadi dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Data Primer merupakan data utama yang terdiri dari rangkaian kata atau tindakan dari perilaku yang diamati dan diperoleh langsung dari informan dengan wawancara. Sedangkan data sekunder digunakan untuk tambahan dan penunjang data primer berupa dokumentasi seperti jurnal, buku dan tulisan lmiah lainnya. Data dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan meningkatkan ketekunan pengamatan dalam hal validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan jalanan memiliki kebermanfaatan untuk kalangan luas dengan mengandalkan beberapa koleksi buku yang dimiliki dan akses yang mudah, sehingga keberadaannya bisa diperhitungkan. Hadirnya Perpustakaan jalanan Tulungagung juga memiliki dampak terhadap keterampilan menulis pengunjung. Literasi membaca dan menulis memiliki keterkaitan yang cukup erat. Sebab untuk seseorang bisa menulis dengan baik, mereka harus memiliki pengetahuan yang luas. Hal ini tentunya dapat membantu masyarakat dalam keilmuan dan membantu mengembangkan taraf hidup

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Buku
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193132 NUFAIL ZABID
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:37
Last Modified: 29 Apr 2024 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45450

Actions (login required)

View Item View Item