PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE) BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 1 JOMBANG

EVI ZAHROTUL JANNAH, 12212193068 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE) BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search Solve Create and Share) Berbasis Sosio-Scientific Issue Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid di MAN 1 Jombang” ini ditulis oleh Evi Zahrotul Jannah, NIM. 12212193068, jurusan Tadris Kimia, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran SSCS, Sosio-Scientific Issue, Kemampuan Berpikir Kritis. Kemampuan berpikir kritis adalah suatu kemampuan yang dapat mempersiapkan siswa untuk berkompetensi dengan masyarakat global, dalam menyelesaikan suatu masalah dengan menganalisis, menggeneralisasikan, memadukan ide berdasarkan fakta atau informasi, dan menarik kesimpulan. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yakni dengan menggunakan model pembelajaran SSCS, model pembelajaran ini melatih siswa untuk memecahkan permasalahan. Permasalahan yang diterapkan pada pembelajaran yakni masalah yang mampu mengarahkan siswa untuk menggunakan pengetahuan yang diperoleh dalam pemecahan persoalan keseharian, maka perlu penggunaan sosio-sicentific issue, penggunaan isu sosiosaintifik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam diskusi sehingga, kemampuan berpikir siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran SSCS (search solve create and share) berbasis sosio-scientific issue terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid di MAN 1 Jombang. (2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran SSCS (search solve create and share) berbasis sosio-scientific issue. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Grub Design. Teknik purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI Mipa 6 sebagai kelas Kontrol dan kelas XI Mipa 4 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian berjumlah 13 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan hasil sebesar 0,769 (tergolong tinggi). Analisis data yang digunakan yakni uji normalitas dan uji homogenitas dan didapat bahwa nilai pretest maupun posttest sama-sama berdistribusi normal dan homogen, setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Independet T-test, Effect Size dan N-Gain. Berdasarkan uji Hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hasil (1) uji T menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, And Share) Berbasis SSI (Sosioscientific Issue) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan (2) Perhitungan effect size sebesar 3,1 yang masuk dalam kategori tinggi. Berarti penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share berbasis isu sosiosaintifik efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kelas eksperimen mengalamai peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,665 (kategori sedang). Hal ini berarti pembelajaran yang dilakukan pada kelas eksperimen cukup dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193068 EVI ZAHROTUL JANNAH
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:04
Last Modified: 29 Apr 2024 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45469

Actions (login required)

View Item View Item