PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII DI SMPN 1 NGANTRU

DIAH ANINDYA, 12208193082 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII DI SMPN 1 NGANTRU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (814kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sitem Pernapasan Kelas VIII di SMPN 1 Ngantru” ini ditulis oleh Diah Anindya, NIM. 12208193082, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci : Creative Problem Solving, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung berpusat kepada guru sehingga menyebabkan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran serta rasa keingintahuan siswa yang masih rendah dan tampak kurang mempunyai semangat belajar. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar juga dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya perbedaan motivasi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Direct Instruction pada materi sistem pernapasan kelas VIII di SMPN 1 Ngantru, 2) untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Direct Instruction pada materi sistem pernapasan kelas VIII di SMPN 1 Ngantru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental (eksperimen semu), dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII J sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol terdiri dari 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen berupa angket motivasi belajar dengan 30 butir pertanyaan dan tes hasil belajar pilihan ganda sebanyak 23 soal. Analisis data dilakukan dengan pengujian Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Direct Instruction pada materi sistem pernapasan kelas VIII di SMPN 1 Ngantru, yang ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai sig. (2-tailed) 0,004 yang berarti < 0,05. 2) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Direct Instruction pada materi sistem pernapasan kelas VIII di SMPN 1 Ngantru, yang ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 yang berarti < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193082 DIAH ANINDYA
Date Deposited: 16 May 2024 05:07
Last Modified: 16 May 2024 05:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45491

Actions (login required)

View Item View Item