THE EFFECTIVENESS OF USING INSTAGRAM APPLICATION IN TEACHING WRITING RECOUNT TEXT AT SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK

ACHMAD SYAFI`I MA`RUF, 17203163117 (2021) THE EFFECTIVENESS OF USING INSTAGRAM APPLICATION IN TEACHING WRITING RECOUNT TEXT AT SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ma’ruf, Achmad Syafi’i (17203163117). Keefektifan Penggunaan Aplikasi Instagram dalam Pembelajaran Teks Recount di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Tesis. Jurusan Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung 2021. Pembimbing: Dr. Sukarsono, M.Pd. Kata kunci: Menulis, Teks Pengalaman, Aplikasi Instagram Media sosial sudah sangat familiar di era ini. Namun hanya sedikit fenomena yang memanfaatkan media sosial untuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya, terutama kemampuan menulis. Peneliti mencoba menggunakan aplikasi Instagram untuk membantu mereka dalam membangun ide dalam proses penulisan. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki apakah penggunaan Instagram efektif atau tidak untuk pembelajaran teks pengalaman, dalam bahasa Inggris di SMAN 1 Karangan Trenggalek tahun ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui profil nilai menulis siswa sebelum dan sesudah perlakuan. (2) Untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan Instagram dalam menulis teks recount siswa kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek tahun ajaran 2020/2021. Metodologi penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MIA kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek yang berjumlah 178 siswa. Dari keseluruhan populasi, peneliti hanya dapat menggunakan kelas MIA 2 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian. Tahapan yang dilakukan peneliti adalah pre-test, treatment dan post-test. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan Paired Sample T-test dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pre-tes 57,9 dan posttest 64,5 yang berarti posttest lebih tinggi dari pretest. Dari hasil perhitungan statistik didapatkan nilai tanda (2-tailed) sebesar 0,000 dan dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Instagram dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Inggris tentang teks pengalaman untuk kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek efektif digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 17203163117 ACHMAD SYAFI`I MA`RUF
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:20
Last Modified: 29 Apr 2024 08:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45496

Actions (login required)

View Item View Item