PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Anni Nor Fitra, 2814123046 (2017) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Active Learning Dengan Teknik“Index Card Match” Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Mts Al Ma’arif Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” yang ditulis oleh Anni Nor Fitra, NIM. 2814123046, yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci: index card match, Hasil Belajar. Matematika bersifat sangat abstrak, yaitu berkenan dengan konsep-konsep abstrak dan penalarannya deduktif. Dalam matematika setiap konsep abstrak yang baru dipahami siswa perlu segera diberi penguatan, agar pengetahuan yang telah ia peroleh menjadi tahan lama dan tidak gampang terlupakan, sehingga akan melekat dalam pola pikir, ingatan dan tindakannya. Namun, kenyataanya dalam pembelajaran matematika siswa yang hanya mendengarkan penjelasan guru mereka akan cepat lupa, namun ketika mereka mempraktekan secara langsung mereka akan paham dan mampu mengingat materi tersebut dalam waktu jangka panjang. Kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta rendahnya daya ingat siswa tentang materi pelajaran matematika mengakibatkan hasil belajar siswa cenderung rendah. Oleh karena itu guru matematika harus mampu menciptakan suasana kelas yang aktif serta dapat menguatkan ingatan siswa tentang materi matematika yang telah diajarkan dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan model active learning index card match. Index card match adalah teknik pembelajaran aktif dengan menggunakan metode permainan mencari pasangan kartu. Dengan menggunakan metode permainan, dalam pembelajaran index card match mampu membuat suasana pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan serta dapat menguatkan ingatan siswa tentang materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui pengaruh model active learning dengan teknik index card match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2015/2016, dan seberapa besar pengaruh model active learning dengan teknik index card match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2015/2016”. Pendekatan penelitan yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen, teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VIII-C dan VIII-D. Instrumen pengumpulan data berupa: lembar dokumentasi dan lembar tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Kemudian untuk mengetahui besar pengaruhnya menggunakan perhitungan cohen’s effect size. Hasil perhitungan diperoleh nilai t_hitung=5,01>t_tabel=1,66940 pada db=63 dan taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh model active learning dengan tipe index card match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Besarnya pengaruh model active learning dengan tipe index card match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 adalah 88% dan tergolong besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123046 anni nor fitra
Date Deposited: 01 Feb 2017 02:24
Last Modified: 01 Feb 2017 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item