Peran Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Di Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar)

KRISNA PRIADIN MAULANA, 17402163559 (2023) Peran Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Di Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Di Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Krisna Priadin Maulana, NIM 17402163559 dengan pembimbing bapak Ahmad Syaichoni, M.Sy. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya Usaha Mikro kecil Masyarakat yang ada di Kabupaten Blitar baik warga nahdliyin maupun masyarakat umum. Dan Ketertarikan Usaha Mikro Kecil Menengah terhadap sebuah lembaga yang dinaungi oleh organisasi Nahdlatul Ulama yang bergerak dalam bidang perekonomian masyarakat yaitu Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama. Dan perlunya pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pada warga Nahdlatul Ulama dan seluruh masyarakat pada umunya. Fokus penelitian dalam skripsi ini ada dua, yaitu : 1) Bagaimana upaya Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Dalam Pengembangan Usaha Mikro Lembaga Kecil Menengah Masyarakat di Kabupaten Blitar, dan 2) Bagaimana hasil pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Masyarakat atas peran Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama di Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sumber data yang diperoleh informan yaitu melalui wawancara, situasi lokasi dan berkasberkas dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : 1 ) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama menerapkan beberapa upaya untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah. Upaya dan program yang dilakukan adalah DEWINU, Ngaji Bisnis, KONBISNU, WIRANU, BUMNU. 2) Hasil dari pengembangan usaha oleh Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama dalam memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah membawa kesejahteraan masyarakat melalui kewirausahaan telah menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi Masyarakat Kabupaten Blitar berupa layanan konsultasi online, talkshow, konsultasi langsung, pelatihan, dan worksop. Dari progam tersebut telah mengembangkan potensi ekonomi, kurang lebih 80 persen masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dikenal oleh masyarakat Indonesia atas pencapainnya dalam mengekspor produk lokal dalam jumlah 20 kontainer ke Hongkong. Selain itu produk jajan lebaran rata-rata setiap tahun mendapatkan omset mencapai sekitar 2 Milyar. Hal tersebut dapat mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Masyarakat Kabupaten Blitar. Kata Kunci : Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama, Pengembangan Usaha, Usaha Mikro Kecil Menengah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Nahdlatul Ulama
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163559 KRISNA PRIADIN MAULANA
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:46
Last Modified: 05 Jun 2024 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45562

Actions (login required)

View Item View Item