PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK (Studi Kasus MA Al Hikmah Langkapan)

FA'IKHOTUN NISA' MAHMUDAH, 12201193168 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK (Studi Kasus MA Al Hikmah Langkapan). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik (Studi Kasus di MA Al Hikmah Langkapan)” ini ditulis oleh Fa’ikhotun Nisa’ Mahmudah, NIM. 12201193168, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M. Pd. I. Kata Kunci: Peran Guru, Akhlakul Karimah Skripsi ini dilatarbelakangi oleh merosotnya akhlakul karimah pada warga negara Indonesia khususnya para pelajar. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya faktor, salah satunya adalah faktor pergaulan baik dirumah maupun dilingkungan sekolah. Oleh karena itu dalam usahanya untuk meningkatkan akhlakul karimah pada pelajar dibutuhkan peran guru dalam memberikan ajaran dan bimbingan kepada peserta didik. Dengan adanya peran guru maka akan memudahkan suatu bangsa untuk melahirkan pemuda dan pemudi yang berakhlakul karimah. Selain itu tujuan Nabi Muhammad diturunkan ke bumi salah satunya adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwasanya Nabi Muhammad sangat menjunjung tinggi akhlakul karimah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai inspirator dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MA Al Hikmah Langkapan?, 2) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MA Al Hikmah Langkapan?, 3) Bagaimana peran guru Akidah akhlak sebagai fasilitator dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MA Al Hikmah Langkapan? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga melakukan member check (cek ulang), triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru sebagai inspirator dalam meningkatkan akhlakul karimah pada peserta didik menggunakan metode kisah, ceramah, teladan, pembiasaan dan guru hendaknya memiliki wawasan yang luas. 2) sebagai motivator guru menerapkan sikap berkompetisi dalam belajar, menerapkan hadiah dan hukuman serta memberikan perhatian dan kasih sayang kepada para pelajar. 3) sebagai fasilitator guru memberikan pelayanan berupa bimbingan kepada siswa yang memiliki masalah maupun yang membutuhkan jalan keluar, serta memberikan kenyamanan ketika dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193168 FA'IKHOTUN NISA' MAHMUDAH
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:43
Last Modified: 30 Apr 2024 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45566

Actions (login required)

View Item View Item