PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEHNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUCHAMAD ZAKI ZAIN, 2817123107 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEHNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tehnik Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS pada Peserta didik Kelas III SDN Podorejo Sumbergempol Tulungagung” di tulis oleh Muchamad Zaki Zain, NIM. 2817123107, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belajar IPS. Penelitian ini dilator belakangi oleh hasil belajar IPS siswa yang relative rendah. Metode yang digunakan masih bersifat konvensional, dimana kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa menjadi kurang da mudah bosan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together. Penggunaan metode pembelajaran Numbered Heads Together dalam belajar mengajar diharapkan dapat membatu pemahaman siswa dalam belajar IPS sehingga hasil belajar dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peta sekolah peserta didik kelas III SDN II Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningakatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peta peserta didik kelas III SDN II Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? (3) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan social pokok bahasan peta peserta didik kelas III SDN II Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peta sekolah peserta didik kelas III SDN II Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningakatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peta peserta didik kelas III SDN II Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (3) Mendeskripsikan pengaruh dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning melalui tipe NHT (Numbered Heads Together) pada hasil belajar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sub pokok Peta peserta didik kelas III SDN II Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reserch) sebanyak dua siklus . setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) yaitu: 1) Pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keaktifan dalam kerjasama menjadi lebih baik. Peningkatan keaktifan siswa dalam kerjasama kelompok dalam proses pembelajaran dengan penerapan metode NHT terjadi peningkatan dari Siklus I meningkat menjadi baik pada Siklus II, 2) Pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran model NHT. Peningkatan hasil belajar siswa, mengalami peningkatan mulai pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Hal ini diketahui dari presentase ketuntasan belajar dengan penerapan model NHT juga meningkat dari siklus I sebesar 52%, kemudian meningkat sebesar 91% dari presentase ketuntasan kelas yang diharapkan oleh peneliti yaitu 75% dalam satu kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123107 MUCHAMAD ZAKI ZAIN
Date Deposited: 09 Jan 2017 07:40
Last Modified: 09 Jan 2017 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item