DHEA ARFIANTI, 12205193070 (2023) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BAKAT EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pentingnya peran guru dalam dunia pendidikan tentunya di madrasah sangat berpengaruh terhadap peserta didik. Tugas sekolah bukan mencari kekurangan peserta didik, melainkan mencari kelebihan mereka agar kompetensi anak tergali di madrasah. Peningkatan minat bakat di madrasah sesuai dengan amanat kurikulum diterapkan saat ini, yakni tidak berfokus pada peningkatan kompetensi peserta didik di bidang kognitif, namun juga di bidang lainnya, yaitu afektif dan psikomotorik. Hasil observasi pendahuluan di MIN 14 Blitar menunjukkan bahwa peran guru membantu peserta didik dalam proses pengembangan diri dan pengoptimalan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Adapun fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan minat bakat ekstrakurikuler peserta didik MIN 14 Blitar?. (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru dalam mengembangkan minat bakat ekstrakurikuler peserta didik MIN 14 Blitar?. (3) Bagaimana implikasi peran guru dalam mengembangkan minat bakat ekstrakurikuler peserta didik MIN 14 Blitar?. Penelitian ini dilakukan di MIN 14 Blitar dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan jenis pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru sangat dibutuhkan untuk menumbuhkembangkan bakat peserta didik yaitu peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai pengelola. (2) faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengembangkan minat bakat peserta didik yaitu dengan menyediakan pembina ekstrakurikuler, menyediakan sarana prasarana, konsistensi guru dalam membina peserta didik, orientasi walimurid yang beragam, mengikutsertakan peserta didik pada event untuk mengetahui pencapaian, evaluasi rutin satu bulan sekali. (3) implikasi peran guru dalam mengembangkan minat bakat ekstrakurikuler peserta didik MIN 14 Blitar adalah sebagai wadah menyalurkan minat bakat peserta didik, melatih kegigihan, kesabaran dan kedisiplinan, membawa nama baik madrasah, menunjang kegiatan madrasah, menumbuhkan citra masyarakat. Kata Kunci: Peran Guru, Minat Bakat, Ekstrakurikuler
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193070 DHEA ARFIANTI |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 07:33 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45578 |
Actions (login required)
View Item |