PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 KOTA BLITAR DAN SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG (Studi Multisitus di SMK Negeri 1 Kota Blitar dan SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung)

ROFI'AH RIZZALLUL AZHARI, 12850621038 (2023) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 KOTA BLITAR DAN SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG (Studi Multisitus di SMK Negeri 1 Kota Blitar dan SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini yang berjudul “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Kota Blitar dan SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” di tulis oleh Rofi’ah Rizzallul Azhari, NIM 12850621038 Jurusan Magister Pendidikan Agam Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M. Ag. dan Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sekolah yang merespon dengan cepat kebijakan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang saat ini masih dijadikan sebagai kurikulum opsi bagi sekolah yang memberlakukannya. Kurikulum merdeka akan diberlakukan sebagai kurikulum nasional pada tahun 2024. Berbagai kelebihan kurikulum merdeka yang mengusung paradigma baru pendidikan akan berdampak positif bagi pembelajaran di seluruh mata pelajaran termasuk Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis merdeka belajar memuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah (1) merumuskan proposisi perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis merdeka belajar, (2) merumuskan proposisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis merdeka belajar, dan .(3) merumuskan proposisi evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis merdeka belajar. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis kurikulum merdeka yaitu menganalisis capaian pembelajaran, menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, serta menyusun modul ajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Kurikulum Merdeka yaitu mengarahkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada siswa serta guru hanya berperan sebagai fasilitator; pembelajaran berdiferensiasi dengan penggunaan model dan metode pembelajaran yang bervariasi seperti project based learning dengan produk main mapping, kooperatif dengan teknik wall gallery, discovery learning, inquiry learning, dan contextual teaching learning disesuaikan dengan materi pembelajaran dan karakteristik siswa serta pembelajaran berdiferensiasi produk dengan hasil project siswa dan performa presentasi siswa; menggunakan metode presentasi, diskusi, dan tanya jawab; melakukan pembelajaran di luar kelas di taman dan di masjid; menggunakan e-learning yang disusun oleh guru PAI BP dan buku paket kurikulum merdeka sebagai sumber belajar; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia dilakukan melalui kegiatan bakti sosial dan character building (3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis kurikulum merdeka yaitu asesmen diagnostik dengan pertanyaan pemantik/prestest; asesmen formatif ketika proses pembelajaran berlangsung; dan asesmen sumatif dengan asesmen sumatif harian, sumatif tengah semester, dan asesmen sumatif akhir semester.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621038 ROFI'AH RIZZALLUL AZHARI
Date Deposited: 02 May 2024 01:42
Last Modified: 02 May 2024 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45598

Actions (login required)

View Item View Item