PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN 1 SANANKULON BLITAR

IKFINA MANHAJANA, 12208193098 (2023) PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (16MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Minat Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMPN 1 Sanankulon Blitar” ini disusun oleh Ikfina Manhajana, NIM 12208193098, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Minat Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena ditemukan adanya masalah dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Sanankulon Blitar, yaitu minimnya minat belajar merupakan masalah umum di kalangan siswa, yang mengakibatkan keterbatasan dalam pengetahuan. Selain itu, terdapat kekurangan dalam kemandirian belajar siswa, ditandai dengan kurangnya kemandirian dalam belajar serta kebiasaan belajar yang buruk, seperti tidak memiliki ketertarikan untuk belajar dalam jangka waktu yang lama atau hanya belajar menjelang ujian, sering bolos, dan melakukan kecurangan. Hal ini menyebabkan banyaknya siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menjadi sangat penting dalam meningkatkan proses dan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII di SMPN 1 Sanankulon Blitar, 2) Menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII di SMPN 1 Sanankulon Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah non eksperimental dengan bentuk penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sanankulon Blitar yang berjumlah 229 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas VII-D dan VII-E sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokementasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi rank spearmen. Hasil penelitian berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan adalah: 1) Terdapat korelasi signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VII di SMPN 1 Sanankulon Blitar ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0.025 < 0.05, minat belajar yang dimiliki siswa merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajarnya. 2) Terdapat korelasi yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VII di SMPN 1 Sanankulon Blitar ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0.018 < 0.05, kemandirian belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar maka perlu dikembangkannya sikap mandiri dalam diri siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193098 IKFINA MANHAJANA
Date Deposited: 20 May 2024 08:12
Last Modified: 20 May 2024 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45599

Actions (login required)

View Item View Item