ANGGUN ANDAYANI LESTARI, 12205193131 (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA AKIDAH AKHLAK DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (708kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (433kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
Anggun Andayani , Lestari, 2021. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Akidah Akhlak di MIN 3 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Motivasi dan lingkungan belajar memiliki peranan yang cukup penting terhadap proses belajar siswa. Dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan karena prestasi belajar siswa tinggi jika motivasi dan lingkungan belajar yang mendukung. Beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran antara lain berupa karakteristik remaja yang cenderung keras kepala, bersikap semaunya sendiri, kemrosotan akhlak dan moral yang perlu segera mendapat perhatian serius baik oleh orang tua, guru maupun lembaga pendidikan yang ikut bertanggung jawab. Pembelajaran akidah akhlak termasuk faktor penting dalam kaitanya dengan pendidikan anak. Melalui pembelajaran akidah akhlak diharapkan dapat membimbing anak untuk berperilaku baik atau berakhalakul kharimah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah ada pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar peserta didik pada akidah akhlak di MIN 3 Tulungagung, (2) mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada akidah akhlak di MIN 3 Tulungagung, (3) mengetahui apakah ada pengaruh motivasi dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada akidah akhlak di MIN 3 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Penelitian survei adalah jenis penelitian yang dilakukan untuk memperoleh sebuah data atau fakta dilapangan, yang berguna untuk memperoleh informasi yang tepat dan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek penelitian sebanyak 60 peserta didik. Sempel yang diambil adalah seluruh peserta didik kelas V MIN 3 Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument, uji prasyarat regresi berganda, uji regresi linier berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi terhadap prestasi belajar peserta didik pada akidah akhlak di MIN 3 Tulungagung (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada akidah akhlak di MIN 3 Tulungagung. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada akidah akhlak di MIN 3 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193131 ANGGUN ANDAYANI LESTARI |
Date Deposited: | 02 May 2024 04:40 |
Last Modified: | 02 May 2024 04:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45641 |
Actions (login required)
View Item |