PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING MADRASAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTs N 4 BLITAR

RIKA DWI INDAHSARI, 12204173191 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING MADRASAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTs N 4 BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII MTs N 4 Blitar” ini ditulis oleh Rika Dwi Indahsari, NIM. 12204173191, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: E-Learning Madrasah, Pemahaman Konsep Matematis, Hasil Belajar Di masa pandemi COVID-19 ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kurikulum khusus berkaitan dengan ketentuan lockdown sehingga proses pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran secara daring ini menjadikan kurangnya interaksi antara guru dengan siswa yang bisa memperlambat terbentuknya penilaian serta penalaran pada pelajaran matematika dalam proses belajar dan mengajar. Proses belajar dan mengajarnya lebih ke arah pelatihan daripada ke pendidikan dan mayoritas siswa tidak memiliki motivasi belajar secara online. Hal tersebut yang akan mempengaruhi tingkat pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa. Untuk itu dibutuhkan aplikasi yang ringan, tidak banyak memakan memori handphone dan tentunya bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Salah satu aplikasi yang dimaksud sebagai teknologi alternatif adalah aplikasi E-Learning Madrasah. E-Learning Madrasah adalah aplikasi yang dibuat oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah untuk dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, baik pada saat pandemi COVID-19 maupun nanti setelah pandemi berakhir. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring menggunakan aplikasi E-Learning Madrasah terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTs N 4 Blitar. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring menggunakan aplikasi E-Learning Madrasah terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs N 4 Blitar. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring menggunakan aplikasi E-Learning Madrasah terhadap pemahaman konsep matematis dan hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs N 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Dalam mengambil sampel digunakan teknik simpel random sampling dengan sampel kelas VII G sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebanyak 41 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yaitu observasi dan tes serta analisisnya menggunakan uji t dan uji manova untuk membuktikan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pembelajaran daring menggunakan aplikasi E-Learning Madrasah terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTs N 4 Blitar. (2) Ada pengaruh pembelajaran daring menggunakan aplikasi E-Learning Madrasah terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs N 4 Blitar. (3) Ada pengaruh pembelajaran daring menggunakan aplikasi E-Learning Madrasah terhadap pemahaman konsep matematis dan hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs N 4 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173191 RIKA DWI INDAHSARI
Date Deposited: 02 May 2024 04:23
Last Modified: 02 May 2024 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45653

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item