EFRIZAL DWI ANGGARA, 17201163328 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (281kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya zaman di era kemodernitas ini sehingga banyak sekali anak muda zaman sekarang ini kurang mengetahui peran agama serta kurangnya penanaman nilai-nilai keagamaan di lingkungan. Maka hal itu sangat diperlukan adanya strategi dari guru disekolah yaitu dengan penanaman nilai-nilai religius melalui pembiasaan, kedisiplinan dan keteladanan. Pertanyaan penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui pembiasaan peserta didik di SMPN 1 Kauman Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui kedisiplinan peserta didik di SMPN 1 Kauman Tulungagung? 3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui keteladanan peserta didik di SMPN 1 Kauman Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui pembiasaan, kedisiplinan, dan keteladanan peserta didik di SMPN 1 Kauman Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan, antara lain dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembiasaan untuk menenamkan nilai religius yaitu dengan merancang pembelajaran, membiasakan perilaku positif seperti penerapan Sholat dhuha, sholat dzuhur, pembacaan kitab suci Al Qur’an, dan pembiasaan sikap ikhlas seperti pembiasaan infa’ Jum’at. 2) Strategi guru dalam mendisiplinkan peserta didik yaitu dengan melakukan penjadwalan sholat berjamaah zuhur, kemudian juga dilakukannya absensi dalam menertibkan sholat selain itu guru juga menerapkan sistem reward atau penghargaan bagi siapa saja yang melaksanakan dengan baik hingga mendapat prestasi, juga menerapkan punishment atau hukuman bagi siapa saja yang melanggar tata tertib tentang kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolahan. 3) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui keteladanan yaitu dengan mengajak serta memberikan contoh kepada peserta didik, kemudian menggali hikmah melalui kisah kisah cerita kehidupan agar siswa tidak terjebak untuk menyalahkan dirinya sendiri, orang tua maupun takdir yang ditentukan oleh Allah SWT.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163328 EFRIZAL DWI ANGGARA |
Date Deposited: | 02 May 2024 07:45 |
Last Modified: | 02 May 2024 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45670 |
Actions (login required)
View Item |