PENERAPAN METODE USMANI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QURAN SISWA DI SD ALAM MUTIARA UMAT TULUNGAGUNG

LINAA USWATUN CHASANAH, 12201183011 (2023) PENERAPAN METODE USMANI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QURAN SISWA DI SD ALAM MUTIARA UMAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Usmani dalam Pembelajaran Membaca Al Quran Siswa di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung” yang ditulis oleh Linaa Uswatun Chasanah, NIM 12201183011, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Metode Usmani, Pembelajaran, dan Membaca Al Quran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di masyarakat tentang banyaknya metode pembelajaran Al Quran yang berkembang. Mengenal Al Quran merupakan langkah utama sebelum pembelajaran lainnya. sehingga, siswa perlu pendidikan agar bisa membaca Al Quran dengan baik. Adanya metode Usmani ini sebagai upaya untuk ikut serta menjaga dan memelihara keaslian, kesucian, dan kehormatan Al Quran baik dari aspek bacaan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk Mendeskripsikan Penerapan Metode Usmani melalui Proses Talaqqi di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung. (2) untuk Mendeskripsikan Penerapan Metode Usmani melalui Proses Musyafahah di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung. (3) untuk Mendeskripsikan Hambatan Penerapan Metode Usmani di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung. (4) untuk Mendeskripsikan Solusi dari Hambatan Penerapan Metode Usmani di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Hubarman melalui reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabasahan data dilakukan melalui triangulasi, memperpanjang pengamatan, dan ketekunan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses talaqqi diawali dengan mengondisikan siswa untuk masuk kelompok kelas masing-masing, menggunakan pembelajaran secara klasikal. Selanjutnya, guru mencontohkan bacaan kepada siswa, kemudian ditirukan siswa. (2) proses musyafahah dilakukan dengan teknik guru dan murid berhadapan secara langsung, murid mengucapkan bacaan dan guru mengawasi gerak bibir murid, selanjutnya guru melakukan evaluasi. (3) Hambatan selama proses pembelajaran adalah terdapat beberapa siswa yang lambat dalam memahami materi, dan ada siswa yang lupa tidak membawa buku. (4) Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memperbanyak latihan membaca secara berulang-ulang, menyediakan buku cadangan, serta melakukan komunikasi dengan orangtua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183011 LINAA USWATUN CHASANAH
Date Deposited: 02 May 2024 07:17
Last Modified: 02 May 2024 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45677

Actions (login required)

View Item View Item