PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SDI SUNANGIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ELLY PUJI LESTARI, 2817123051 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SDI SUNANGIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SDI Sunangiri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” yang ditulis oleh Elly Puji Lestari, NIM. 2817123051, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si Kata kunci : Metode Course Review Horay (CRH), hasil belajar, minat. Fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah yang biasanya kita temui siswa-siswi mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran Matematika. Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, melakukannya, dan menemukannya. Bukan hanya itu, siswa perlu mengerjakannya, yakni menyelesaikan sesuatu dengan cara mereka sendiri, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan metode mengajar yang tepat dan efektif. Metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) sebagai salah satu model belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif dan menyenangkan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi keliling dan luas persegi panjang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana penerapan Model Course Review Horay Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi Panjang Kelas III SDI SDI Sunangiri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung ? 2. Bagaimana peningkatan minat dan hasil belajar perseta didik setelah penerapan Model Course Review Horay Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi Panjang Kelas III SDI SDI Sunangiri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan Model Course Review Horay pada mata pelajaran Matematika Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi Panjang Kelas III SDI SDI Sunangiri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar perseta didik setelah penerapan Model Course Review Horay pada mata pelajaran Matematika Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi Panjang Kelas III SDI Sunangiri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Menyusun perencanaan (plannng), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), (4) Refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, tes, dokumentasi, catatan lapangan, angket. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan paparan data, temuan peneliti, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika peserta didik kelas III SDI Sunangiri Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Adapun langkah-langkah penerapan model pembelajaran tersebut adalah : 1) Mengidentifikasi topik dan mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok, 2) Merencanakan tugas-tugas belajar, 3) Melaksanakan penerapan model Course Review Horay (CRH), 4) menyiapkan laporan akhir, dan 5) Mempresentasikan laporan akhir, 6) Evaluasi. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar dan minat pada materi pokok keliling dan luas persegi panjang peserta didik kelas III SDI Sunangiri Sumbergempol Tulungagung. dari hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata hasil Pre Test 65,7, pada siklus 1 menjadi 86,13, dan pada siklus II naik menjadi 92,58. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 41,66 %, pada siklus I menjadi 82,60 %, dan pada siklus II naik menjadi 100%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123051 ELLY PUJI LESTARI
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:19
Last Modified: 11 Jan 2017 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4568

Actions (login required)

View Item View Item