KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA PADA INDUKSI MATEMATIKA DITINJAU DARI PROKRASTINASI AKADEMIK

MUHAMMAD SHODIQ WAHYUDI, 128512203027 (2022) KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA PADA INDUKSI MATEMATIKA DITINJAU DARI PROKRASTINASI AKADEMIK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Kemampuan Pembuktian Matematis ditinjau dari Prokrastinasi Akademik Mahasiswa pada Induksi Matematika” ini ditulis oleh Muhammad Shodiq Wahyudi, NIM. 128512203027 dengan pembimbing 1 Dr. Maryono, M.Pd. dan pembimbing 2 Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pembuktian Matematis, Prokrastinasi Akademik, Induksi Matematika Terdapat beberapa faktor yang menjadikan kemampuan pembuktian matematis di lingkup perguruan tinggi masih rendah. Salah satu faktor tersebut diantaranya rendahnya minat dan motivasi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas dari dosen secara maksimal. Hal tersebut berdampak pada tingkat penundaan mahasiswa dalam mengumpulkan tugas. Tingkat penundaan tersebut secara ilmiah disebut dengan prokrastinasi akademik. Hal tersebut juga dialami oleh beberapa mahasiswa Program Studi Tadris Matematika (TMT) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU). Kemampuan pembuktian matematis mahasiswa dipengaruhi oleh kedisiplinan dalam pengumpulan tugas. Kedisiplinan itulah yang erat kaitannya dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa Program Studi Tadris Matematika (TMT) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU)dengan prokrastinasi rendah, sedang, tinggi-disfungsional dan tinggi-fungsional pada induksi matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan angket prokrastinasi akademik, tes induksi matematika dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 2 mahasiswa prokrastinasi tinggi-fungsional, 2 mahasiswa prokrastinasi tinggi-disfungsional, 2 mahasiswa prokrastinasi sedang dan 2 mahasiswa prokrastinasi rendah. Triangulasi yang digunakan adalah sumber dan waktu. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Mahasiswa prokrastinasi akademik tinggi fungsional memenuhi semua indikator teori berpikir Robert Swartz yaitu menghasilkan ide-ide (Generating Ideas), berpikir kompleks (Complex Thinking), menjelaskan ide-ide (Clarifying of Ideas) dan menilai kelayakan/kepantasan ide-ide (Assessing the Reasonableness of Ideas); 2) Mahasiswa dengan prokrastinasi akademik tinggi disfungsional memenuhi tiga indikator yaitu menghasilkan ide-ide (Generating Ideas), berpikir kompleks (Complex Thinking), dan menilai kelayakan/kepantasan ide-ide (Assessing the Reasonableness of Ideas); 3) Mahasiswa dengan prokrastinasi akademik sedang memenuhi dua indikator yaitu menghasilkan ide-ide (Generating Ideas) dan berpikir kompleks (Complex Thinking); 4) Mahasiswa dengan prokrastinasi akademik rendah memenuhi semua indikator teori berpikir Robert Swartz.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203027 MUHAMMAD SHODIQ WAHYUDI
Date Deposited: 03 May 2024 03:49
Last Modified: 03 May 2024 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45691

Actions (login required)

View Item View Item