UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH SISWA MTs DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

FIRDAUS, 2811123007 (2017) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH SISWA MTs DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Firdaus, NIM. 2811123007, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Upaya Guru Bimbingan dan konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqh Siswa MTs Darul Hikmah Tahun Ajaran 2015/2016”, Dosen pembimbing Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. NIP. 19680129 200003 1 001 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar fiqh, guru bimbingan dan konseling memegang peranan penting sekali dalam proses pendidikan, salah satu yang dilakukan guru bimbingan dan konseling adalah memberikan pelayanan kepada para siswa dalam pembelajaran di kelas dan di luar kelas dengan melakukan berbagai upaya, sehingga siswa mampu mencerna materi yang dibawakan oleh guru. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar fiqh siswa MTs Darul Hikmah Tulungagung? (2) Bagaimana metode guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar fiqh siswa MTs Darul Hikmah Tulungagung? (3) Bagaimana teknik guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar fiqh siswa MTs Darul Hikmah Tulungagung?. Agar tujuan penelitian bisa tercapai, maka dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai strategi guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar fiqh siswa MTs Darul Hikmah Tulungagung, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran serta menggali data tentang prestasi yang telah didapatkan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data yaitu perpanjang keikutsertaan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian: (1) Peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar fiqh siswa MTs Darul Hikmah Tulungagung yaitu berperan sebagai pembantu guru mata pelajaran fiqh dalam mempraktekkan terhadap materi yang telah disampaikan, membantu siswa yang bermasalah dalam belajar fiqh, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan uswah hasanah (contoh yang baik) dalam belajar fiqh. (2) Metode guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar fiqh siswa MTs Darul Hikmah Tulungagung yaitu ceramah, diskusi, demonstrasi, latihan, dan praktek. Dari beberapa metode di atas metode yang harus digunakan pada setiap pembelajaran yaitu ceramah. (3) Tekhnik guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar fiqh siswa MTs Darul Hikmah Tulungagung yaitu dengan menyesuaikan dengan metode yang digunakan dan dengan mengikutkan siswa pada perlombaan serta mendatangkan guru dari luar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123007 FIRDAUS
Date Deposited: 12 Jan 2017 06:31
Last Modified: 12 Jan 2017 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4570

Actions (login required)

View Item View Item