KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KALIDAWIR

FREISKA NUR HANDAYANI, 12210193014 (2023) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalidawir" yang ditulis oleh Freiska Nur Handayani, NIM 12210193014, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa, Proses Pembelajaran. Setiap proses pembelajaran membutuhkan bahasa sebagai bahasa pengantar. Dewasa ini perkembangan teknologi dapat memengaruhi kesantunan berbahasa siswa sehingga penggunaan bahasa belum mematuhi prinsip kesantunan berbahasa. Hal tersebut terjadi karena siswa tidak mengetahui pilihan kata yang mereka tuturkan sudah baik belum, menyinggung atau tidak, dan sikap siswa yang tidak segan kepada guru. Kesantunan berbahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan sikap dan karakter siswa karena kesantunan berbahasa siswa dapat dijadikan sebagai salah satu barometer kesantunan sikap serta, kepribadian dan budi pekerti yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud kesantunan berabahsa dalam proses pembelajaran teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Kalidawir, dan (2) mendeskripsikan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakam dalam penelitian ini, yaitu rekam, transkip, simak, dan catat. Data dalam penelitian ini merupakan data lisan, yaitu interaksi antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) wujud kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Kalidawir yang mematuhi prinsip kesantunan berbahasa ditemukan sebanyak 73 tuturan, pematuhan tersebut berupa pematuhan satu maksim dan dua maksim, di antaranya yakni maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesepakatan, maksim kesepakatan dan maksim kebijaksanaan, maksim kesepakatan dan maksim penghargaan, serta maksim kebijaksanaan dan maksim kedermawanan, (2) pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran teks berita siswa kelas VIII SMPN 1 Kalidawir ditemukan sebanyak 90 tuturan, pelanggaran tersebut berupa pelanggaran satu maksim, dua maksim, dan tiga maksim, di antaranya yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kebijaksanaan dan maksim penghargaan, maksim penghargaan dan maksim kesepakatan, maksim kebijaksanaan dan maksim simpati, serta maksim kebijaksanaan, maksim penghargaan, dan maksim kesederhanaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193014 FREISKA NUR HANDAYANI
Date Deposited: 03 May 2024 04:26
Last Modified: 03 May 2024 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45701

Actions (login required)

View Item View Item