ALIVIYA NUR FAJRIN, 12209193117 (2023) PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Oraang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Gondang” yang ditulis oleh Aliviya Nur Fajrin, NIM 12209193117, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bagus Setiawan, M. Pd. Kata Kunci: Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan yang ada di SMAN 1 Gondang pada saat kegiatan pembelajaran dilakukan di kelas. Proses pembelajaran dilakukan untuk dapat mencapi prestasi belajar. Prestasi belajar dari siswa dapat dipengaruhi salah satunya terkait dengan kondisi sosial ekonomi orang tua untuk memenuhi kebutuhan salah satunya fasilitas belajar. Kondisi sosial ekonomi orang tua memiliki peran penting dalam menentukan prestasi belajar yang dicapai siswa di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI SMAN 1 Gondang tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gondang tahun pelajaran 2022/2023? 3) Apakah ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI SMAN 1 Gondang tahun pelajaran 2022/2023?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI SMAN 1 Gondang tahu pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gondang tahun pelajaran 2022/2023. 3) Untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gondang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan wawancara. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS dengan jumlah 136 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 dengan jumlah 36 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk menghitung prestasi belajar dengan menggunakan nilai rapot siswa semester 1. Pengolahan data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua siswa berada dalam kategori sedang sebesar 64%. Prestasi belajar siswa berada dalam kategori baik dengan presentase sebesar 58, 33%. Kondisi sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dari siswa. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan yang telah dilakukan bahwa nilai yang didapat 0,038 < 0,05 yang mana lebih H1 lebih kecil daripada H 0 sehingga H1 dapat diterima dan H 0 ditolak. Kesimpulannya kondisi sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1di SMAN 1 Gondang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Pendidikan > Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193117 ALIVIYA NUR FAJRIN |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:50 |
Last Modified: | 08 May 2024 04:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45731 |
Actions (login required)
View Item |