SYAMSUL ARIFIN, 17201163448 (2022) METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI DI LOKASI TERDAMPAK BENCANA APG G. SEMERU-PRONOJIWO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (843kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Usmani Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Di Lokasi Terdampak Bencana APG Semeru-Pronojiwo” ini ditulis oleh Syamsul Arifin, NIM 17201163448, Pembimbing Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I Kata kunci: Penereapan Metode Usmani Penerapan metode usmani dalam meingkatkan motivasi belajar di lokasi terdampak bencana APG Semeru-Pronojiwo sangat di perlukan untuk membangkitkan psikologis korban bencana supaya cepat pulih dari trauma yang di alami. Focus penelitian dalam penelitan ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada santri di lokasi terdampak bencana APG G. Semeru. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat metode usmani dalam neningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur'an pada santri di lokasi terdampak bencana APG G.Semeru. 3) Bagaimana evaluasi yang digunakan metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada santri di lokasi terdampak bencana APG G. Semeru. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama dalam pelaksanakan metode usmani dengan cara ceramah dan Tanya jawab. Dimulai dengan pembukaan, isi materi dan penutup dengan menggunakan media buku usmani, papan tulis dan penggaris kayu. Kedua faktor pendukung dengan adanya guru yang memiliki keahlian dalam metode usmani, sarana prasarana. Kemudian faktor penghambat yaitu terhalang kondisi cuaca yang tidak menentu dan keterbatasan dengan waktu. Ketiga bentuk evaluasi menggunakan prites yang dilakukan secara lisan. Bentuk penerapannya dengan melalui sorogan yang bergilir.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran Nahdlatul Ulama Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163448 SYAMSUL ARIFIN |
Date Deposited: | 14 May 2024 05:34 |
Last Modified: | 14 May 2024 05:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45741 |
Actions (login required)
View Item |