KURIKULUM MERDEKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang-Sidoarjo dan SMP Negeri 2 Kediri)

NUR AZIZAH NIDA, 12850621033 (2023) KURIKULUM MERDEKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Multi Kasus di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang-Sidoarjo dan SMP Negeri 2 Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Kurikulum Merdeka Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis Peserta Didik (Studi Kasus Di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang-Sidoarjo Dan SMP Negeri 2 Kediri)” ini ditulis oleh Nur Azizah Nida, dengan Promotor Prof. Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Agama Islam, Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama Islam mendorong guru untuk aktif dalam menciptakan dan menumbuhkan karakter peserta didik yang cerdas dan mampu menerapkan nilai-nilai profil pelajar pancasila yang agamis dan mencintai budaya. Guru juga dituntut harus menguasai metode dan menggunakan media belajar yang sesuai agar peserta didik senantiasa bernalar kritis dan memiliki pemikiran yang matang, bijak dan cermat. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah 1) Bagaimana perencanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap bernalar kritis peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang-Sidoarjo dan SMP Negeri 2 Kediri?, 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap bernalar kritis peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang-Sidoarjo dan SMP Negeri 2 Kediri?, 3) Bagaimana evaluasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap bernalar kritis peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang-Sidoarjo dan SMP Negeri 2 Kediri?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi multi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpajangan keikutsertaan, triangulasi, serta ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa 1) Perencanaan kurikulum merdeka pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menguatkan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU PucangSidoarjo dan SMP Negeri 2 Kediri yakni meng-upgrade unit kegiatan belajar mandiri pendidik dan peserta didik dengan menyiapkan tenaga pendidik yang profesional, menganalisis, menyusun dan merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan visi misi dan tujuan lembaga dan sesuai dengan kurikulum merdeka, sehingga terciptanya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menguatkan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang-Sidoarjo dan SMP Negeri 2 Kediri yaitu tidak mengintervensi guru dan peserta didik, sehingga pembelajaran berjalan efektif. Dalam melaksanakan pembelajaran dikelas lebih menekankan pentingnya tujuan materi, berpikir kritis dan mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari. Ketika pembelajaran berlangsung, guru memakai berbagai metode dan strategi ppembelajaran yang bervariasi untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi. 3) evaluasi kurikulum merdeka pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menguatkan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang-Sidoarjo dan SMP Negeri 2 Kediri menekankan refleksi materi dan memberikan stimulus untuk membantu peserta didik memahami materi, menerapkan metode HOTS untuk mendorong peserta didik kepada pemahaman dan pengaplikasian materi terhadap kehidupan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621033 NUR AZIZAH NIDA
Date Deposited: 02 May 2024 03:45
Last Modified: 02 May 2024 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45743

Actions (login required)

View Item View Item