PERAN GURU DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

ARINA HIDAYATUL KHUSNA, 12205193086 (2023) PERAN GURU DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (460kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif Di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung”, yang ditulis oleh Arina Hidayatul Khusna, NIM. 12205193086, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Fasilitator, Kondusif, Lingkungan Belajar, Motivator, Pendidik, Peran Guru Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung menunjukkan lingkungan belajar di MI tersebut belum dapat dikatakan kondusif karena tempat atau kelas yang digunakan untuk belajar masih kurang, sehingga pembelajaran dilakukan di serambi masjid dan ada juga yang berada di teras pondok. Sehingga pada saat pembelajaran berlangsung masih banyak anak-anak yang keluar kelas, tidak adanya dekorasi sebagai pemanis di lingkungan kelas karena belum menggunakan kelas yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan penelitian kualitatif jenis fenomemologi dan naturalistik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display, dan kesimpulan/Verifikasi. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dengan kepala sekolah, Guru kelas 5 MI Plus Al-Istighotsah, dan siswa siswi kelas 5 MI Plus Al-Istighotsah. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Guru kelas 5 di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung telah berhasil berperan sebagai pendidik dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dengan melaksanakan tiga peran utama, yaitu Peran Teladan (Ing Ngarsa Sung Tuladha), Peran Motivator (Ing Madya Mangun Karsa), dan Peran Pembimbing (Tut Wuri Handayani), (2) Guru kelas 5 di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo berhasil menjalankan peran utama sebagai motivator melalui berbagai strategi dan inovasi. Guru mempersiapkan materi dan media pembelajaran sebelumnya, terlibat aktif dalam proses pembelajaran, menjelaskan ulang materi yang sulit dipahami, dan memberikan dukungan emosional untuk mendorong semangat belajar siswa. Guru memberikan umpan balik positif dan reward sebagai pengakuan terhadap prestasi siswa, (3) Guru kelas 5 di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo berhasil menjalankan peran sebagai fasilitator dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, memanfaatkan sumber belajar, memberikan bimbingan, menganalisis masalah siswa, dan menggunakan rubrik penilaian yang valid. Upaya ini telah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193086 ARINA HIDAYATUL KHUSNA
Date Deposited: 06 May 2024 02:42
Last Modified: 06 May 2024 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45748

Actions (login required)

View Item View Item