PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2015/2016

M. YUSUF MUDZAKI, 2814123112 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mudzaki, Yusuf 2814123112, 2016. "Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol". Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Eny Setyowati, S.Pd, MM. Kata kunci: kecerdasan, emosional, motivasi, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai masalah yang ada dalam proses belajar matematika siswa. Permasalahan tersebut dapat berasal dari luar maupun dari dalam diri siswa itu sendiri. Sehingga dibutuhkan kepribadian yang cerdas serta dorongan untuk dapat menghadapi berbagai macam masalah yang ada dalam proses belajar. Kecerdasan emosional merupakan konsep mengenai bagaimana seseorang dapat meningkatkan kualitas kepribadianya. Motivasi merupakan dorongan untuk melakukan aktivitas. Dengan kecerdasan emosional dan motivasi seseorang akan mampu menghadapi masalah dalam proses belajar matematika. Sehingga akan memberikan pengaruh pada hasil belajar matematika yang diraih di sekolah. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kecerdasan emosional, motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol yang terdiri dari 11 kelas. Dengan menggunakan Simple Random sampling diperoleh satu kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII D. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi serta observasi. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata skor angket kecerdasan emosional sebesar 85,6 dari skor maksimal 125. Rata-rata skor motivasi sebesar 68,4 dari skor maksimal 90. Rata-rata nilai hasil belajar matematika sebesar 84,5 dari nilai maksimal 100. (2) diperoleh nilai thitung (1,973) < ttabel (2,045) pada taraf nilai Sig. (0,058) > 0,05. Akibatnya H1 diterima sehingga "Tidak ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika materi persamaan garis lurus siswa SMPN 1 Sumbergempol". (3) diperoleh nilai thitung(3,694) > ttabel (2,045) pada taraf nilai Sig. (0,01) < 0,05. Akibatnya H1 ditolak sehingga "Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika materi persamaan garis lurus siswa SMPN 1 Sumbergempol". (4) diperoleh nilai Fhitung (9,577) > Ftabel (3,330) dan pada taraf nilai Sig. (0,001) < 0,05. Akibatnya H1 ditolak sehingga "Ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap hasil belajar matematika materi persamaan garis lurus siswa SMPN 1 Sumbergempol".

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123112 M. YUSUF MUDZAKI
Date Deposited: 23 Jan 2017 04:35
Last Modified: 23 Jan 2017 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4579

Actions (login required)

View Item View Item