PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN BANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA KELAS VIII MTsN 13 JOMBANG

AULIA ROSYIDA MASHUDI, 12208193128 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN BANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA KELAS VIII MTsN 13 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (729kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Bantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas VIII MTsN 13 Jombang” ini ditulis oleh Aulia Rosyida Mashudi NIM. 12208193128, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi sistem peredaran darah yang menyebabkan hasil belajar yang didapatkan peserta didik masih dalam kategori rendah. Guru mata pelajaran IPA juga masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah saat mengajarkan materi sistem peredaran darah. Oleh karena itu, peneliti mencari solusi agar materi sistem peredaran darah dapat dengan mudah dipahami peserta didik. Peneliti memilih menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan bantuan permainan ular tangga sebagai model pembelajaran yang digunakan dalam materi sistem peredaran darah. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan bantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar materi sistem peredaran darah pada kelas VIII MTsN 13 Jombang. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan bantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar materi sistem peredaran darah pada kelas VIII MTsN 13 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimental. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu posttest only control design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data hanya menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t-Test yang didahului dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran team game tournament dengan bantuan media permainan ular tangga dianalisis menggunakan perhitungan effect size dengan rumus Cohen’s d. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan bantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar materi sistem peredaran darah pada kelas VIII MTsN 13 Jombang. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi (2tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,005. 2) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan bantuan media permainan ular tangga sebesar 2,231, hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan bantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar materi sistem peredaran darah pada kelas VIII MTsN 13 Jombang termasuk dalam kategori sangat tinggi sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193128 AULIA ROSYIDA MASHUDI
Date Deposited: 27 May 2024 02:40
Last Modified: 27 May 2024 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45794

Actions (login required)

View Item View Item