INCREASING THE STUDENTS’ MOTIVATION IN LISTENING COMPREHENSION THROUGH PODCASTS BY ALL EARS WITH LINDSAY AND MICHELLE AT SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN ( A Classroom Action Research at the Second Grade of SMP Bustanul Muta’allimin in 2022 / 2023 Academic Year )

YUGO NOPRADANA, 12203183249 (2023) INCREASING THE STUDENTS’ MOTIVATION IN LISTENING COMPREHENSION THROUGH PODCASTS BY ALL EARS WITH LINDSAY AND MICHELLE AT SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN ( A Classroom Action Research at the Second Grade of SMP Bustanul Muta’allimin in 2022 / 2023 Academic Year ). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Yugo, Nopradana. Nomor Induk Mahasiswa 12203183249. 2023. Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pemahaman Menyimak melalui Podcast oleh All Ears dengan Lindsay dan Michelle di SMP Bustanul Muta'allimin di Kelas VIII A dan VIII B. Skripsi Sarjana. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Nurul Chojimah, M. Pd Kata Kunci : Motivasi, Efektivitas, Podcast, Listening Comprehension Kebutuhan siswa untuk dapat mendengarkan dalam kelas bahasa Inggris sangat diperlukan, hal ini dikarenakan mendengarkan merupakan salah satu aspek dari keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar bahasa, keadaan ketidakmampuan siswa untuk dapat mengikuti kelas menyimak dengan baik juga dialami oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bustanul Muta'allimin kelas VIII untuk kelas a dan b tahun ajaran 2022/2023, Guru mengamati bahwa siswa tidak memiliki motivasi untuk mengikuti kelas listening dengan seksama, oleh karena itu peneliti mencoba membantu untuk mengatasi masalah yang sedang dialami oleh guru mata pelajaran tersebut, agar siswa memiliki motivasi untuk dapat mengikuti kelas listening dengan seksama dan baik. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model penelitian tindakan yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari empat langkah. Keempat langkah tersebut adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini mengambil siswa kelas 8A & 8B SMP Bustanul Muta'allimin tahun pelajaran 2022/2023 sebagai subjek penelitian, dari hasil tindakan siklus 1 yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa jumlah siswa yang bersedia tinggal di kelas secara sukarela tanpa ada pengaruh dari peneliti dan guru mata pelajaran sebesar 88,9% dari 100% jumlah siswa atau 32 siswa dari 36 siswa yang tinggal di kelas untuk mendengarkan pembelajaran dengan menggunakan podcast by All ears with Lindsay and Michelle. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi siswa untuk tetap tinggal di kelas, dan mengikuti kegiatan pembelajaran listening tinggi, untuk itu penerapan siaran podcast oleh All ears with Lindsay and Michelle dapat digunakan. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil pemenelitian adalah penerapan podcast All Ears with Lindsay and Michelle mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mengikuti kelas listening comprehension. Hal ini ditunjukkan dengan kemauan siswa untuk tetap tinggal di kelas untuk mengikuti kelas listening dengan seksama, yaitu sebesar 88,8% dilihat dari kuesioner pada siklus 1, mereka juga mampu mengerjakan lembar soal yang diberikan oleh peneliti setelah mereka selesai mendengarkan podcast dengan seksama, Dengan menerapkan podcast ini untuk meningkatkan motivasi siswa dalam kelas listening bahasa Inggris, akan membantu mereka untuk lebih mudah tertarik untuk mengikuti kelas listening, meskipun nantinya dengan menggunakan media lain, mereka sebelumnya sudah termotivasi untuk mendengarkan bahasa Inggris. Peneliti memberikan saran kepada guru bahasa Inggris selajutnya agar dapat menggunakan media pembelajaran podcast, agar dapat memotivasi siswa didalam mengikuti kegiatan pembelajaran listening, para siswa juga harus lebih memiliki motivasi didalam kelas listening, dan bagi peneliti selanjutnya, agar bisa digunakan sebagai referensi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 12203183249 YUGO NOPRADANA
Date Deposited: 08 May 2024 06:45
Last Modified: 08 May 2024 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45811

Actions (login required)

View Item View Item