UPAYA SUAMI DALAM MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA SAKINAH KARENA DITINGGAL ISTRI DI LUAR NEGERI ( Studi Kasus di DS. Tanggung, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung)

ALVIN SANDRA HARDIAWAN, 12102193196 (2023) UPAYA SUAMI DALAM MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA SAKINAH KARENA DITINGGAL ISTRI DI LUAR NEGERI ( Studi Kasus di DS. Tanggung, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (929kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (715kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

ABSTRAK Alvin Sandra Hardiawan, NIM 12102193196, Upaya Suami Dalam Mempertahankan Rumah Tangga Sakinah Karena Ditinggal Istri Bekerja Di Luar Negeri(Studi Kasus Ds. Tanggung, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,2023, Pembimbing: Ladin., S.H.I, M.H Kata kunci: upaya, suami istri, keluarga sakinah Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya para istri yang menjadi TKW yang biasanya berujung kepada perceraian yang diakibatkan istri bekerja diluar Negeri namun hal ini berbeda di para keluarga TKW di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung, dimana ketika ditinggal istri bekerja diluar negeri keluarganya tetap harmonis, oleh karena itu penulis ingin mengetahui terkait upaya apa yang ditempuh suami untuk mempertahankan rumah tangganya ketika ditinggal istri bekerja diluar negeri. Rumusan masalah: 1) Bagaimama upaya suami dalam mempertahankan rumah tangga sakinah karena ditinggal istri bekerja di luar negeri? 2)Bagaimana upaya suami dalam mempertahankan rumah tangga sakinah karena ditinggal istri bekerja di luar negeri perpekstif keluarga maslahah? Metode penelitian: Metode Kualitatif. Lokasi Penelitian pada Ds. Tanggung, Kec. Campurdarat Kab. Tulungagung. Sumber data: data primer yang diperoleh dari Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung melalui wawancara dan dokumentasi sedangkan data sekunder yaitu Jurnal, buku yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan Triangulasi yaitu Triangulasi sumber. Hasil penelitian: 1) Komunikasi, sehingga dengan demikian diharapkan upaya suami dalam berkomunikasi seperti ini diharapkan dapat mengikis sebuah ketidakharmonisan timbul dikarenakan terhalang jarak dan waktu, Menjaga diri, menjaga dari hal-hal yang dapat merusak bahtera rumah tangga, mempertebal keimanan, Seseorang yang imanya kuat akan sulit tergoda kepada hal-hal yang dapat merusak keharmonisan rumah tangga, menjaga uang kiriman istri dengan baik, Dengan demikian dari pihak istri tidak merasa dirugikan dan tidak sia-sia menjadi TKW karena suami telah mengupayakan sebaik mungkin didalam menjaga dan mempergunakan uang kiriman dari istri dengan baik,(2) Setia, kesetiaan ini selaras dengan salah satu pilar dalam keluarga maslahah yaitu Mitsaqon Gholidzon yang berarti ikatan yang tebal/ perjanjian agung atau bisa diartikan dengan komitmen atau setia, musyawaroh, Agar berbagai masalah dalam kehidupan berkeluarga dapat diselesaikan, diperlukan komunikasi yang baik dan musyawarah antara suami dan istri ketika masalah muncul dan hal ini sesuai dengan salah satu pilar dalam keluarga maslahah yaitu Musyawaroh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193196 ALVIN SANDRA HARDIAWAN
Date Deposited: 14 May 2024 08:20
Last Modified: 14 May 2024 08:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45828

Actions (login required)

View Item View Item