STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A (4-5 TAHUN) DI TK BUNGA BANGSA GRESIK

LIA ZULFIYAH MUNAWWAROH, 12206183070 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A (4-5 TAHUN) DI TK BUNGA BANGSA GRESIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok A (4-5 tahun) di TK Bunga Bangsa Gresik” ditulis oleh Lia Zulfiyah Munawwaroh, NIM. 12206183070, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmmatullah Tulungagung, 2024. Dosen Pembimbing: Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Keterampilan Motorik Halus, Usia 4-5 Tahun Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak demi terciptanya aspek keberlangsungan anak menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Demikian dengan TK Bunga Bangsa Gresik yang memiliki anak didik dengan kemampuan motorik halus yang sudah berkembang dengan baik terutama pada kelompok A. Namun, masih terdapat 2 anak didik yang kemampuan motoriknya masih belum berkembang dengan baik. Maka dari itu, peneliti meneliti tentang strategi pembelajaran mengembangkan keterampilan motorik halus anak kelompok A (4-5 tahun) di TK Bunga Bangsa Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 2 Guru TK A, Kepala sekolah, dan Anak TK kelas A3 yang bersekolah di TK Bunga Bangsa Gresik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK Bunga Bangsa Gresik terdapat tiga pelaksanaan dalam mengembangkannya diantaranya yaitu dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Yang pertama yaitu: Perencanaan dalam pembelajaran diantaranya yaitu guru menentukan tema yang sesuai dengan usia anak 4-5 tahun dan mencakup motorik halus anak yaitu tentang ayam, kemudian membuat RPPH dengan tema imajinasiku subtema aku seorang peternak, kemudian memilih media gambar ayam untuk mewarnai anak, buku tulis, pensil, spidol. Kedua pelaksanaan dalam mengembangkan motorik halus melalui kreativitas diantaranya yaitu: meniru tulisan ayam, menghubungkan ayam pak Dito dengan hasil olahannya, terakhir mewarnai gambar ayam yang sudah di printout oleh guru. Ketiga evaluasi dalam mengembangkan aspek motorik halus pada anak diantaranya yaitu dengan mengamati anak melalui observasi dengan begitu guru dapat melihat seberapa berhasil dalam mengembangkan motorik halus pada anak, guru membuat checklist untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak, guru menilai dari hasil karya anak, guru membuat catatan tentang hal yang menonjol dari anak dalam sebuat catatan anekdot.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183070 LIA ZULFIYAH MUNAWWAROH
Date Deposited: 15 May 2024 07:49
Last Modified: 15 May 2024 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45830

Actions (login required)

View Item View Item