PROBLEMATIK MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS DIPONEGORO DI KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ELMA NADANINGTIAS, 12210173068 (2021) PROBLEMATIK MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS DIPONEGORO DI KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Problematik Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Diponegoro di Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021” yang ditulis oleh Elma Nadaningtias, NIM 12210173068, pembimbing Muyassaroh, M.Pd. Kata kunci: Problematik, Pembelajaran, Teks Deskripsi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematik siswa dalam menulis teks deskripsi yang menyebabkan kurang maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Hal ini menjadi tantangan bagi seorang guru. Seorang guru dituntut untuk bisa mengatasi problematik yang ada di dalam kelas dengan cara penyelesaian yang sesuai. Untuk itu, diperlukan penelitian terkait apa saja yang menjadi problematik siswa kelas VII dalam menulis teks deskripsi serta apa saja upaya guru untuk mengatasi problematik tersebut. Dari latar belakang tersebut, fokus masalah yang terdapat pada penelitian ini sebagai berikut, (1) problematik yang dihadapi siswa kelas VII dalam menulis teks deskripsi dan (2) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematik siswa dalam menulis teks deskripsi. Sesuai dengan rumusan masalah tujuan dari skripsi ini adalah mendeskripsikan problematik yang dihadapi siswa dalam menulis teks deskripsi dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematik yang dihadapi siswa dalam menulis teks deskripsi. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolah MTs Diponegoro Kabupaten Kediri, sebagai sumbangan pemikiran dalam bentuk pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini juga berguna bagi guru Bahasa Indonesia MTs Diponegoro Kabupaten Kediri sebagai pondasi untuk melakukan pembinaan dari perilaku siswa. Bagi siswa MTs Diponegoro Kabupaten Kediri bisa digunakan sebagai bentuk renungan untuk memperbaiki prestasi belajar yang lebih baik lagi. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini bisa digunakan sebagai referensi bagi peneliti yang akan melakukan penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskripsi kualitatif. Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan lima siswa kelas VII dan satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTs Diponegoro Kabupaten Kediri. Teknik analisis data yang digunakan yakni meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan metode triangulasi teori. Penerapan triangulasi ini dengan cara membandingkan dan mengecek balik informasi yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan faktor problematika pembelajaran ini adalah siswa sulit memahami ciri dan struktur teks deskripsi, siswa sulit mengembangkan ide atau imajinasi menjadi kerangka tulisan, siswa tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran atau hasil belajar pada materi teks deskripsi, siswa kurang disiplin dalam pembelajaran materi teks deskripsi, dan siswa kurang menguasai kosakata. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru bahasa Indonesia untuk lebih kreativ lagi dalam menyampaikan materi pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan saat menerima materi, siswa lebih antusias dalam proses pembelajaran, siswa lebih aktif dalam menanggapi materi yang telah disampaikan guru, dan siswa lebih mudah untuk menguasai materi yang telah disampaikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173068 ELMA NADANINGTIAS
Date Deposited: 14 May 2024 00:56
Last Modified: 14 May 2024 00:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45857

Actions (login required)

View Item View Item