IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI MIN 4 BLITAR

LULUK ANISATUL FIKRIYA, 12205193247 (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI MIN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Dididk di MIN 4 Blitar” ditulis oleh Luluk Anisatul Fikriya, NIM 12205193247, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci : Implementasi Metode Pembelajaran, Peduli lingkungan Peningkatan karakter peduli lingkungan peserta didik sangat penting dilakukan dilingkungan sekolah dengan melihat penerapan implementasi metode pembelajaran dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik yang kurang maksimal. Meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan harus dilatih secara serius dan proporsional agar mencapai bentuk dan kekuatan yang ideal. Guru harus membekali peserta didik dengan meningkatkan karakter peduli lingkungan melalui penerapan metode pembelajaran dalam proses kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode eksperimen pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik di MIN 4 Blitar? (2) Bagaimana implementasi metode diskusi pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik di MIN 4 Blitar? (3) Bagaimana implementasi metode berbasis proyek pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik di MIN 4 Blitar ?. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui keiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Transferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah : (1) Karakter peduli lingkungan peserta didik di MIN 4 Blitar ditingkatkan melalui metode pembelajaran eksperimen dengan materi pelajaran IPA wujud zat dan perubahannya. Peserta didik ditujukan untuk dapat melakukan pengetahuan moral dengan dijelaskan materi oleh guru sehingga anak mengetahui batasan dalam memahami antara yang baik dan tidak, perasaan moral terjadi ketika peserta didik mampu merasakan apa yang dijelaskan oleh guru dan tumbuhnya sikap empati, dan tindakan moral akan terjadi ketika peserta didik dapat melakukan apa yang dijelaskan oleh guru atas kemauannya sendiri dan menerapkannya pada lingkungan sekitar yakni materi wujud zat dan perubahannya. (2) Karakter peduli lingkungan peserta didik di MIN 4 Blitar ditingkatkan melalui metode pembelajaran diskusi dengan materi pelajaran IPA energi alternatif. Peserta didik ditujukan untuk dapat melakukan pengetahuan moral dengan dijelaskan materi oleh guru sehingga anak mengetahui batasan dalam memahami antara yang baik dan tidak, perasaan moral terjadi ketika peserta didik mampu merasakan apa yang dijelaskan oleh guru dan tumbuhnya sikap empati, dan tindakan moral akan terjadi ketika peserta didik dapat melakukan apa yang dijelaskan oleh guru atas kemauannya sendiri dan menerapkannya pada lingkungan sekitar yakni materi energi alternatif. (3) Karakter peduli lingkungan peserta didik di MIN 4 Blitar ditingkatkan melalui metode pembelajaran berbasis proyek dengan materi pelajaran IPA tumbuhan sumber kehidupan di bumi. Peserta didik ditujukan untuk dapat melakukan pengetahuan moral dengan dijelaskan materi oleh guru sehingga anak mengetahui batasan dalam memahami antara yang baik dan tidak, perasaan moral terjadi ketika peserta didik mampu merasakan apa yang dijelaskan oleh guru dan tumbuhnya sikap empati, dan tindakan moral akan terjadi ketika peserta didik dapat melakukan apa yang dijelaskan oleh guru atas kemauannya sendiri dan menerapkannya pada lingkungan sekitar yakni materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193247 LULUK ANISATUL FIKRIYA
Date Deposited: 14 May 2024 06:45
Last Modified: 14 May 2024 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45900

Actions (login required)

View Item View Item