IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV MIN 3 TULUNGAGUNG

TASYHA ALICKA DIVA NUR, 12205193236 (2023) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Pembelajaran IPAS di Kelas IV MIN 3 Tulungagung” ditulis oleh Tasyha Alicka Diva Nur, NIM 12205193236. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi Contextual Teaching and Learning, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Pendekatan kontekstual (CTL) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pendekatan ini menekankan pada keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman nyata. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) merupakan salah satu mata pelajaran penting yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam memahami fenomena alam dan sosial. Namun, seringkali pembelajaran IPAS masih bersifat teoritis dan kurang bermakna bagi siswa, sehingga menyebabkan kurangnya minat dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui perencanaan strategi contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPAS di MIN 3 Tulungagung. (2) mengetahui pelaksanaan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL. (3) mengetahui langkah-langkah evaluasi pembelajaran CTL dalam pelajaran IPAS terhadap siswa. Data peneliti ini di dasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trigulasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa telah diketahui: (1) guru IPAS di MIN 3 Tulungagung sebelum melakukan pembelajaran CTL dengan merencanakan lebih dahulu pembelajaran yang akan diajarkan sesuai modul dan strategi CTL. (2) pelaksanaan pembelajaran ini masih mengalami kekurangan dalam penyampaiannya menggunakan media CTL. (3) Guru perlu lebih objektif dalam memberikan penilaian. Pada tahap evaluasi, guru sudah mampu melakukan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang autentik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193236 TASYHA ALICKA DIVA NUR
Date Deposited: 15 May 2024 01:26
Last Modified: 15 May 2024 01:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45941

Actions (login required)

View Item View Item