PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PENERAPAN E-FLYER DALAM STRATEGI BRANDING PADA PROMOSI PERPUSTAKAAN UIN SATU TULUNGAGUNG

RISCA AMALIA PUTRI, 126310202045 (2024) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PENERAPAN E-FLYER DALAM STRATEGI BRANDING PADA PROMOSI PERPUSTAKAAN UIN SATU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)

Abstract

Promosi perpustakaan telah bertransformasi dari media cetak menjadi media digital. Promosi perpustakaan yang berawal dari brosur, banner dan baliho mulai beralih ke versi digital seperti internet dan media sosial. Promosi perpustakaan menggunakan media sosial menjadi tren baru karena mudah digunakan, murah dari segi biaya dan memberikan dampak yang besar. Melihat hal tersebut, peneliti melihat Perpustakaan UIN SATU Tulungagung yang juga memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi tertarik untuk menelitinya. Penelitan ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa terkait e-flyer sebagai branding baru dalam promosi di perpustakaan. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa, delapan orang partisipan setuju penggunaan e-flyer sebagai media promosi ini bagus dan informatif. Mereka setuju penggunaan e-flyer ini mempermudah para pemustaka untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, mampu menarik pemustaka yang tertarik dengan perpustakaan untuk pergi ke perpustakaan, memantau layanan apa saja yang tersedia, terutama menarik minat untuk mahasiswa akhir, karena perpustakaan yang mengupdate promosi mereka di sosial media akan sering dipantau oleh mahasiswa. Tak hanya itu, branding yang dilakukan oleh Perpustakaan UIN SATU Tulungagung menggunakan sosial media ini bisa dikatakan berhasil karena 6 dari 8 mahasiswa yang menunggu update dari Perpustakaan UIN SATU Tulungagung. Selain itu, Perpustakaan UIN SATU Tulungagung telah berhasil menepis bahwa perpustakaan hanyalah tempat untuk menyimpan buku-buku tua, terlebih lagi untuk mahasiswa akhir. Perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung adalah tempat yang cocok untuk membantu mereka menemukan referensi sekaligus tempat untuk mencari layananan yang menunjang mereka mengerjakan tugas akhir, hal ini dibuktikan dengan mereka yang tetap datang ke perpustakaan meski libur semester sedang berlangsung. Kata Kunci : Branding, E-Flyer, Instagram, Perpustakaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan
Media Sosial
Ilmu Perpustakaan > Otomasi
Ilmu Perpustakaan > Pemustaka
Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310202045 RISCA AMALIA PUTRI
Date Deposited: 17 May 2024 08:18
Last Modified: 17 May 2024 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45943

Actions (login required)

View Item View Item