SAMSUDIN, 12601195021 (2024) PERAN STAKEHOLDER DALAM MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS PROGRAM UNGGULAN MADRASAH (Studi Multisitus di MI Al kautsar Durisawo Ponorogo dan MI PSM Banaran Magetan). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (908kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (PENDAHULUAN).pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
BAB II (KAJIAN TEORI).pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) |
||
Text
BAB III (METODE PENELITIAN).pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text
BAB IV (PAPARAN DATA & TEMUAN PENELITIAN).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V (PEMBAHASAN).pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
||
Text
BAB VI (PENUTUP).pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
Text
Kartu Bimbingan Samsudin.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
Abstract
ABSTRAK Disertasi berjudul Peran Stakeholder dalam Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Program Unggulan Madrasah (Studi Multisitus di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo dan MI PSM Banaran Magetan) yang disusun oleh Samsudin dengan promotor Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Peran stakeholders, manajemen mutu pendidikan, program unggulan madrasah. Pendidikan yang bemutu ialah faktor utama dalam mendorong kemajuan pendidikan, banyak sekolah yang menjalankan proses pendidikan dengan “apa adanya”, padahal seharusnya pendidikan dapat mengembangkan keterampilan akademik dan kompetensi serta merubah hidup siswa. Kurangnya inovasi dari pihak sekolah membuat sekolah tidak memiliki program-program yang menunjang proses pendidikan untuk mencapai pendidikan yang bermutu, sehingga menyebabkan proses pendidikan tidak sesuai dengan yang diharapkan, hal tersebut menyebabkan kurangnya minat di sekolah tersebut. Hilangnya kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut juga menjadi akibat dari rendahnya mutu Pendidikan. Oleh karena itu, sudah selayaknya sekolah memiliki konsep program-program yang jelas untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dengan melibatkan peranserta stakeholder. MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo dan MI PSM Banaran Magetan mampu memberikan pelayanan dengan inovasi program-program yang menjadi unggulan madrasah untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan stakeholder sehingga mampu memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik, serta memiliki kepercayaan di tengah masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan manajemen mutu pendidikan berbasis program unggulan madrasah yang meliputi konsep program unggulan madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan, peran stakeholder dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan manajemen mutu pendidikan berbasis program unggulan madrasah dan implikasi manajemen mutu pendidikan berbasis program unggulan madrasah di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo dan di MI PSM Banaran Magetan, dengan penelitian kualitatif dan rancangan studi multisitus. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi berperan serta, teknik telaah dokumen. Data diperiksa dan dilakukan kondensasi, penyajian, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan prinsip kredibilitas, transferabilitas, dependabiltas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian: 1) konsep program unggulan madrasah untuk meningkatan mutu pendidikan dilakukan oleh kepala madrasah dengan melibatkan semua komponen madrasah serta stakeholder dengan kolaborasi, kolektifitas dan relegius dengan mengambangkan nilai-nilai spiritual yang merupakan ciri khas dan originalitas madrasah, dengan program unggulan yang didasarkan pada tiga hal yaitu: keagaman atau religius, pembelajaran atau akademik, dan ketrampilan atau lifeskill; 2) peran Stakeholder dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan mutu pendidikan yaitu: a) peran Stakeholder dalam perencanaan mutu pendidikan dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen madarasah dan stakeholder melalui program-program unggulan dengan menerapkan asas principles of cooperative management, Stakeholder melibatkan diri secara langsung dengan aktif dalam perencanaan program, instrumental participation yaitu berkontribusi langsung dengan memberikan tenaga, pikiran bahkah uang; b) peran stakeholders dalam pelaksanaan manajemen mutu pendidikan berbasis program unggulan madrasah ialah transpormatif participation dimana stakeholder melibatkan diri secara langsung dengan aktif dalam pengelolaan program-program unggulan madrasah dan juga ikut merasa memilikinya; c) stakeholder berkontribusi memberikan dukungan pengawasan dalam pelaksanaan visi, misi dan tujuan oleh semua pihak yang menjadi komponen dengan selalu berkoordinasi, bersinergi, dan berkolaborasi, serta memberikan dukungan dalam pengawasan mutu pendidikan berbasis program unggulan madrasah dengan landasan 8 standar pendidikan nasional; 3) implikasi manajemen mutu pendidikan berbasis program unggulan madrasah yaitu meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga, meningkatnya mutu akademik, maupun nonakademik, semakin kuatnya keimanan dan ketakwaan kepada Allah, perolehan akreditasi dengan peringkat “A” yang memberikan nilai positif pada madrasah.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12601195021 SAMSUDIN |
Date Deposited: | 16 May 2024 02:28 |
Last Modified: | 16 May 2024 02:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45976 |
Actions (login required)
View Item |