PENGELOLAAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DENGAN METODE MODELLING PADA PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL

EVI UMATUL JANAH, 12205193038 (2023) PENGELOLAAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DENGAN METODE MODELLING PADA PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Janah, Evi Umatul. 2023. Pengelolaan Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin dengan Metode Modelling pada Peserta Didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Uswatun hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : Peran Guru, Metode Modelling, Karakter Disiplin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena karakter peserta didik yang terlihat jauh dari apa yang diharapkan masyarakat, seperti dalam dunia pendidikan masih banyak yang suka mencontek, kurang disiplin, bicara saat pembelajaran. Melihat pentingnya karakter disiplin bagi peserta didik, guru sebagai pendidik harus menjadi teladan bagi peserta didik. Salaah satu cara yang dapat digunakan dalam membentuk karakter disiplin adalah metode modelling. Penerapan metode modelling ini bertujuan agar peserta didik dapat menirukan sikap disiplin yang telah dicontohkan oleh guru. Dengan metode ini, guru tidak hanya meminta peserta didik bersikap disiplin hanya dengan kata-kata, namun juga diberikan contoh nyata. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan yang dilakukan guru dalam membentuk karakter disiplin dengan metode modelling pada peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol ? (2)Bagaimana pelaksanaan yang dilakukan guru dalam membentuk karakter disiplin dengan metode modelling pada peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol ? (3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan guru dalam membentuk karakter disiplin dengan metode modelling pada peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol ? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam membentuk karakter disiplin dengan metode modelling pada peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan yang dilakukan guru dalam membentuk karakter disiplin dengan metode modelling pada peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol (3) untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam membentuk karakter disiplin dengan metode modelling pada peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman ( reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk karakter disiplin dengan metode modelling meliputi (1) perencanaan dilakukan dengan memasukkan pendidikan karakter disiplin ke dalam kurikulum dan tata tertib sekolah. Perencanaan tersebut dilakukan setiap awal tahun ajaran baru dengan partisipasi dari seluruh dewan guru (2) pelaksanaan dilakukan dengan mengoptimalkan peran guru di sekolah, dikarenakan guru tidak hanya berperan menyampaikan ilmu pengetahuan saja namun juga berperan dalam membentuk karakter peserta didiksalah satunya karakter disiplin (3) evaluasi dilakukan dengan pengamatan sikap dan evaluasi bersama oleh kepala sekolah, guru, dan wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193038 EVI UMATUL JANAH
Date Deposited: 15 May 2024 06:44
Last Modified: 15 May 2024 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45980

Actions (login required)

View Item View Item