PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI TAHUN AJARAN 2023/2024

MUHAMAD IMAM FAUZI, 12212193008 (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Discovery learning, hasil belajar kognitif, Kemampuan berfikir kreatif, Laju reaksi. Model pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar kognitif dan kemampuan berfikir kreatif siswa karena siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Materi Laju reaksi merupakan materi yang sulit dipahami apabila menggunakan model pembelajaran konvensional karena perlu adanya kegiatan nyata oleh peserta didik agar pembelajaran dapat lebih bermakna bagi peserta didik. Inovasi pada model pembelajaran perlu dilakukan yakni dengan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning. Model Discovery Learning memiliki fase-fase yang mengarah pada penemuan, sehingga kegiatan-kegiatan yang ada di dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta hasil belajar kognitif mereka. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi di MAN 3 Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi laju reaksi di MAN 3 Blitar. 3) Untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi laju reaksi di MAN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa MAN 3 Blitar kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 36 siswa dan XI MIPA 3 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunaan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket kemampuan berfikir kreatif siswa. Uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan sebagai uji prasyarat sebelum dilakukannya uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah independent t-test dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan sig 0,018 < 0,05 sehingga H 1 diterima dan H 0 ditolak, 2) terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa dengan sig 0,000 < 0,05 sehingga H 1 diterima dan H 0 ditolak. 3) terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan sig 0,000 < 0,05 sehingga H 1 diterima dan H 0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193008 MUHAMAD IMAM FAUZI
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:14
Last Modified: 04 Jun 2024 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46064

Actions (login required)

View Item View Item