STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MIFTAHUL FALAH KARANGREJO TULUNGAGUNG

ITTIKHADUL MADANI, 17205163094 (2023) STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MIFTAHUL FALAH KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Falah Karangrejo Tulungagung” ditulis oleh Ittikhadul Madani, NIM. 17205163094, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Tahun 2023, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: strategi, kesulitan, belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang masih banyak terjadi pada perkembangan pendidikan siswa sekolah dasar yaitu kesulitan dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sulitnya pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada diri siswa disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang tepat sehingga mengakibatkan siswa tidak memiliki minat dan keinginan untuk mempelajari dengan baik pelajaran tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sehingga pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana rancangan strategi pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Falah Karangrejo Tulungagung? (2) Bagaimana pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Falah Karangrejo Tulungagung? (3) Bagaimana hasil pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Falah Karangrejo Tulungagung? Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Falah dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, adapun jenisnya menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan triangulasi data, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Rancangan strategi pemanfaatan media audio visual pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Falah Karangrejo Tulungagung yaitu menyusun RPP dan strategi pembelajaran, memilih pendekatan, model, metode pembelajaran, memilih media yang tepat, merancang evaluasi pembelajaran. (2) Pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Falah Karangrejo yaitu menyiapkan pembelajaran dan alat pembelajaran, mengawali kegiatan pembelajaran dengan salam, senyum dan sapa, menampilkan Ice Breaking sebagai awal pelajaran yang menyenangkan, menayangan film pendek, melakukan evaluasi pembelajaran menggunakan power point dengan menampilkan tes/pertanyaan berdurasi pendek dan langsung di jawab oleh siswa pada buku tugas masing-masing secara individu tanpa menulis ulang pertanyaannya. (3) Hasil pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Falah Karangrejo yaitu memudahkan siswa dalam penguasaan materi, mengubah pola pikir siswa dari bosan hingga senang dengan mata pelajaran SKI, mengubah sikap siswa yang sebelumnya acuh dan malas menjadi bersemangat, meningkatkan prestasi siswa, memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara efektif, mewujudkan tujuan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163094 ITTIKHADUL MADANI
Date Deposited: 27 May 2024 04:17
Last Modified: 27 May 2024 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46094

Actions (login required)

View Item View Item