STRATEGI PENJUALAN DI INDUSTRI TAHU PO. ADI JAYA KELURAHAN PAKUNDEN KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR

ALIF NUR ANISA, 12405173132 (2023) STRATEGI PENJUALAN DI INDUSTRI TAHU PO. ADI JAYA KELURAHAN PAKUNDEN KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Penjualan di Industri Tahu PO. Adi Jaya Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar” yang ditulis oleh Alif Nur Anisa, NIM 12405173132, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, 2023, Dosen Pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini di latar belakangi oleh Industri tahu PO. Adi Jaya di Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, menghadapi tantangan dalam meningkatkan volume penjualan produk mereka. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah strategi bauran pemasaran. Strategi bauran pemasaran mencakup berbagai elemen seperti produk, harga, promosi, dan distribusi. Dalam konteks ini, strategi bauran pemasaran dapat membantu industri tahu PO. Adi Jaya untuk mengoptimalkan produk tahu mereka, menetapkan harga yang kompetitif, meningkatkan kesadaran konsumen melalui promosi yang efektif, serta memastikan distribusi yang efisien dan tepat sasaran. Dengan menerapkan strategi bauran pemasaran yang tepat, diharapkan industri tahu PO. Adi Jaya dapat meningkatkan volume penjualan mereka, memperluas pangsa pasar, dan menghadapi persaingan yang lebih baik di industri tahu di wilayah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran produk (product) dalam meningkatkan volume penjualan di Industri Tahu PO. Adi Jaya Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar? 2) Bagaimana penerapan strategi pemasaran harga (price) dalam meningkatkan volume penjualan di Industri Tahu PO. Adi Jaya Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar? 3) Bagaimana penerapan strategi pemasaran distribusi atau tempat (place) dalam meningkatkan volume penjualan di Industri Tahu PO. Adi Jaya Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar? Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan untuk memecahkan masalah penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemasaran produk tahu mentah PO. Adi Jaya dilakukan oleh para loper yang bekerjasama dengan industri tahu PO. Adi Jaya untuk meningkatkan volume penjualan. Loper tahu perlu mengembangkan strategi efektif untuk menarik perhatian konsumen dan mempromosikan produk mereka. Salah satu strategi adalah mengedepankan keunggulan produk dengan menjelaskan kualitas tahu yang dihasilkan. Namun, perusahaan perlu memperhatikan keuntungan finansial, riset pasar, preferensi konsumen, kualitas produk, layanan purna jual, dan citra merek dalam strategi pemasaran harga mereka. Penurunan volume penjualan Tahu PO. Adi Jaya disebabkan oleh persaingan yang ketat di pasar tahu, dengan banyak merek dan produsen tahu lokal maupun dari luar kota. Harga yang belum bersaing juga menjadi faktor penurunan penjualan. 2) Dalam penerapan strategi harga di Industri Tahu PO. Adi Jaya di Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, beberapa langkah yang dapat dipertimbangkan adalah: a) Analisis Pasar b) Segmentasi Pasar c) Penentuan Harga yang Kompetitif d) Penawaran Khusus e) Pengemasan Produk f) Kolaborasi dengan loper tahu g) Penelitian Kepuasan Pelanggan h) Penggunaan Media Sosial i) Monitoring dan Penyesuaian. 3) Adapun strategi pemasaran dan distribusi tahu melalui loper tahu kepada pelanggan adalah sebagai berikut: a) Efektivitas Distribusi Tahu melalui Loper Tahu b) Keterbatasan Stok Tahu yang Terjual Habis c) Meningkatkan Efisiensi Distribusi d) Membangun Hubungan Pelanggan e) Inovasi Produk dan Pemasaran. Kata Kunci: Strategi Bauran, Pemasaran, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173132 ALIF NUR ANISA
Date Deposited: 21 May 2024 02:56
Last Modified: 21 May 2024 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46130

Actions (login required)

View Item View Item