PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU

YUSI INDRASWARI, 12205193010 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V di SDIT Al-Asror Ringinpitu" ini ditulis oleh Yusi Indraswari, NIM. 12205193010, pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Think Talk Write (TTW), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Latar belakang peneliti mengambil model pembelajaran Think Talk Write (TTW) karena keterampilan peserta didik belum dikembangkan secara maksimal, belum melibatkan peserta didik secara aktif, peserta didik kurang memperhatikan guru dan sibuk berbicara sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan mata pelajaran Matematika karena terdapat banyak siswa yang kurang tertarik pada mata pelajaran tersebut dikarenakan sulit dan model pembelajaran konvensional belum mendukung motivasi dan hasil belajar siswa sehingga terkesan masih monoton dan membosankan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang akan dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran TTW terhadap motivasi belajar Matematika peserta didik kelas V. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas V. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran TTW terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V. Penelitian ini merupakan peneitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V di SDIT Al-Asror Ringinpitu yang terdiri dari 38 peserta didik. Sampel yang digunakan ialah kelas V-A berjumlah 19 anak sebagai kelas Kontrol dan kelas V-B berjumlah 19 anak sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data yang digunakan yakni dokumentasi, soal posttest, dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TTW terhadap motivasi belajar Matematika peserta didik kelas V. Hal ini dapat dilihat perolehan variabel motivasi belajar sebesar 0,000, yang artinya nilai Sig. 0,000 < 0,05. Apabila nilai Sig. (2-tailed) <0,05 maka Ho ditolak dan Ha dapat diterima. 2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas V. Berdasarkan nilai signifikansi pada uji hipotesis pada variabel hasil belajar yakni sebesar 0,000, yang artinya nilai Sig. 0,000 < 0,05. Dimana apabila nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran TTW terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V. Hal ini dilihat dari nilai Sig. (2-tailed) < nilai probability yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V di SDIT Al-Asror Ringinpitu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193010 YUSI INDRASWARI
Date Deposited: 22 May 2024 08:48
Last Modified: 22 May 2024 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46149

Actions (login required)

View Item View Item